Jakarta –

Setelah dieliminasi sementara untuk pandemi COVID-19, angka genap ganjil akan dipulihkan mulai besok, Senin (3/8/2020). Untuk mendukung pembatasan kendaraan pribadi, angkutan umum seperti Transjakarta menambah armadanya.

Dalam siaran pers disebutkan, Transjakarta akan menambah armada ke bagian koridor yang dipengaruhi oleh kebijakan tersebut. Penambahan 25% atau 155 unit armada mulai disterilkan dan disiapkan secara teknis untuk diluncurkan besok.

"Penambahan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan pada waktu itu sambil memastikan kapasitas maksimum dipertahankan sesuai dengan protokol pencegahan COVID19, yang merupakan 50% dari daya dukung dan mempercepat pengosongan tempat penampungan pada jam-jam di mana sistem pengukur (bahkan ganjil) diterapkan yaitu pada pagi hari dari pukul 06.00 – 10:00 WIB dan pada sore hari pukul 16.00 – 21.00 WIB, "tulis Transjakarta dalam siaran persnya.

Seluruh armada bus Transjakarta tambahan akan dikerahkan di 10 koridor yang memotong 25 jalan yang terkena dampak kebijakan pengukur. Sepuluh koridor Transjakarta Bus Rapid Transit (BRT) yang berpotongan dengan pengukur dan meningkatkan armada sebesar 25% difokuskan di dalam koridor koridor:

KORIDOR 1 BLOK M – KOTA,
CORRIDOR 2 PULO GADUNG 1 – HARMONY,
CORRIDOR 3 KALIDERES – PASAR BARU,
CORRIDOR 4 PULO GADUNG 2 – DUKUH TOP 2,
CORRIDOR 5 KAMPUNG MELAYU – ANCOL,
CORRIDOR 6 DOUBT – TOP 2,
CORRIDOR 7 KAMPUNG RAMBUTAN – KAMPUNG MELAYU,
CORRIDOR 8 BED LINE – HARMONY,
CORRIDOR 9 PINANG RANTI – PLUIT,
CORRIDOR 10 PGC 2 – TANJUNG PRIOK.

Sehingga total armada yang beroperasi di 13 koridor selama pengukuran akan mencapai 871 unit. 871 unit armada Transjakarta siap beroperasi besok.

Transjakarta juga mengoperasikan kembali tiga rute non-koridor mulai 1 Agustus 2020 yang sebelumnya dihapuskan selama periode pandemi, yaitu:
L2 PULO GADUNG – HARMONI VIA SCOUT
10D KAMPUNG RAMBUTAN – TANJUNG PRIOK
2F RUSUN CAKUNG BARAT – PULO GADUNG
3A PESAKIH FRESH – KALIDERES
11B RAWUN RAWA DUCK – MILL
11C RUSUN PINUS ELOK – RUSUN PULO GEBANG
11K RUSUN KOMARUDIN – MILL.

Lihat video "Ganjil-Genap, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Siapkan Bus Sapu Jagad"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)