Judul World Car of the Year (WCOTY) 2020 akan diumumkan di New York Auto Show.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Bulan depan, jutaan pasang pecinta otomotif akan hadir di New York Auto Show. Dalam pameran reguler, penyelenggara juga akan mengumumkan mobil apa pun yang pantas mendapat gelar World Car of the Year (WCOTY) 2020.

Dilansir dari Car Advice, Senin (9/3), panitia kini telah menentukan jajaran mobil yang masuk sebagai finalis WCOTY 2020. Pemilihan itu cukup ketat, mengingat 86 hakim dari 27 negara diharuskan menentukan finalis dari 50 mobil yang dicalonkan.

Setelah melalui seleksi ketat, juri juga telah menetapkan tiga mobil yang masuk sebagai finalis. Ketiga mobil tersebut adalah Kia Telluride, Mazda3 dan Mazda CX-30.

Dari sini, tampak bahwa Mazda adalah salah satu produsen terkemuka. Mengingat, pabrikan Jepang berhasil membuat dua produk unggulannya termasuk sebagai finalis.

Di Indonesia sendiri, Mazda CX-30 baru diluncurkan Januari lalu. Kebutuhan akan beragam sarana mobilisasi mendorong mobil crossover kompak menjadi salah satu produk yang cukup populer. Ini juga mendorong PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) untuk menghadirkan Mazda CX-30 di pasar Indonesia.

Managing Director EMI Ricky Thio mengatakan, Mazda CX-30 adalah crossover sport utility vehicle (SUV) kompak dengan desain yang tegas dan elegan.

"Melalui produk ini, kami juga menghadirkan mobil sebagai seni. Dengan menyoroti filosofi desain Jepang, desain keseluruhan akan memancarkan keanggunan dengan konsep yang ramping dan berani," kata Ricky pada peluncuran Mazda CX-30 di Jakarta Januari lalu.

Melalui bahasa desain, mobil berkapasitas empat orang dewasa ini dihadirkan dengan aura yang menggabungkan ketangguhan SUV dan garis bodi yang fleksibel layaknya sebuah coupe. Dikombinasikan dengan desain unik dari bagian depan dan buritan, Mazda percaya bahwa mobil dengan ground clearance 180 mm dapat menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang dinamis dan menginginkan kendaraan yang praktis.

"Mobil ini sangat cocok untuk city driving. Tapi, konsep desain yang mengusung crossover SUV membuat mobil ini juga siap melibas berbagai medan," katanya.

Kembali di New York Auto Show, selain WCOTY, pameran ini juga akan memberikan judul untuk kategori World Urban Car, World Luxury Car, World Performance Car, dan World Car Design of the Year.

Dari kategori-kategori ini, mobil yang paling dinominasikan adalah Porsche Taycan. Mengingat, mobil dari pabrikan Jerman itu masuk dalam sejumlah nominasi seperti World Car Design of the Year, World Performance Car dan World Luxury Car.