Jakarta – Penggemar mobil tipe MPV rendah sedang dimanja. Dari tujuh mobil Low MPV yang hadir di negara ini, lima model memiliki penampilan dan fitur baru. Mulai dari Avanza, diikuti oleh Xenia, Livina, Ertiga, hingga setiap Mobilio berdandan untuk mempercantik penampilannya.

Sedangkan dua sisanya, yaitu Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, baru saja diluncurkan pertengahan 2017. Tujuh MPV Rendah memiliki daya tarik sendiri.

Tidak hanya tampilan yang dijual oleh produsen. Fitur itu juga dianggap memanjakan masyarakat Indonesia saat berkendara.

Baik Avanza, Xenia, Ertiga, Livina, hingga Mobilio tidak hanya berdandan tapi juga melengkapi diri mereka dengan fitur yang lebih canggih.

Avanza misalnya, yang saat ini memiliki tombol start / stop pada varian tertinggi. Maka layar hiburan lebih canggih karena dapat mencerminkan dan menggunakan layar sentuh. AC dapat diatur secara digital tidak lagi menggunakan kenop putar.

Avanza juga menyempurnakan suspensi untuk membuatnya lebih nyaman. Jangan lupa kamera di belakang mobil untuk membantu pengemudi saat parkir.

Perubahan pada Avanza tidak jauh berbeda dengan Xenia. Ertiga tidak mau kalah. Tanpa upacara, Ertiga mengumumkan bahwa ada sedikit penyegaran pada penampilan lampu kabut, desain pelek dua nada, unit head audio touchscreen baru, hingga desain dashboard premium.

Ada juga defogger tipe Ertiga GX tambahan, iklim otomatis plus pegangan bantuan yang dapat dilipat.

Mengikuti kemudian Livina. Livina yang wajahnya tidak jauh berbeda dari Xpander sekarang memiliki lampu LED dengan DTRL. Livina, yang dulunya memiliki ground clearance rendah seperti sedan, sekarang terlihat seperti gaya SUV. Pelek mirip dengan Xpander.

Di dalam Livina disematkan layar sentuh tujuh inci yang terhubung ke Apple Carplay dan Android Auto. Fitur-fitur Livina mirip dengan Xpander seperti Hill Start Assist, tombol Start / stop, Kontrol Dinamis Kendaraan, Kontrol Traksi. Livina juga dilengkapi dengan sensor parkir.

Sementara Xpander sudah memiliki fitur cruise control tetapi tidak ada sensor parkir.

Belum selesai di sana, Honda juga ikut mempercantik penampilan Mobilio. Di bagian eksterior, Mobilio menambahkan Headlamp Proyektor LED dengan DRL, pelek dua warna 15 inci baru, dan spoiler depan dan belakang. Daftar chrome juga terlihat disaring untuk menambahkan kesan elegan dan sporty.

Sementara bagian dalam, Mobilio menggantikan headunit 6,2 inci yang didukung oleh Hands Free Telephone, Koneksi Bluetooth, Kamera Belakang dan pemutar CD & DVD. Dasbor juga diubah dengan nuansa hitam dan gading (dua nada).

Supaya murah, Wuling tidak mau meninggalkan fitur canggih MPV Confero. Confero memiliki fitur ABS, EBD, Immobilizer, Kamera parkir belakang, sensor parkir depan dan belakang, sistem anti pencurian, kantung udara SRS ganda, dan sistem pemantauan tekanan ban. (kering / ddn)