Pabrik kendaraan Ford di Kanada akan diubah menjadi pabrik mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT – Mobil listrik adalah masa depan. Setiap pabrikan mulai mengambil ancang-ancang. Salah satu pabrikan yang sudah bersiap adalah Ford.

Padahal, pabrikan asal Amerika itu sudah bersiap membangun pabrik baru. Dilansir dari Electrive, Kamis (1/10), pabrik baru tersebut akan dibangun di Kanada dan menjadi pabrik khusus perakitan mobil listrik.

Melalui investasi 1,8 miliar dolar Kanada, Ford akan membangun pabrik mobil listrik atau electric vehicle (EV) di Oakville dan Windsor. Saat ini pabrik di Oakville merupakan pabrik mobil konvensional Ford. Namun melalui investasi tersebut, nantinya pabrik tersebut akan diubah menjadi pabrik EV.

Ditargetkan pabrik EV mulai dikonversi pada 2024. Nantinya, fasilitas produksi tersebut akan digunakan untuk merakit lima model EV dari Ford. Proses perakitan EV sendiri baru akan dimulai pada 2025.

Setelah memulai dari satu model pada tahun 2025, secara bertahap semua model akan mulai diproduksi di Kanada. Ditargetkan model kelima mulai dirakit pada tahun 2028.

Hingga saat ini Ford masih belum bisa memastikan model apa yang akan diproduksi di Kanada. Di satu sisi, jika dilihat dari besarnya nilai investasinya, tampak bahwa Ford berkomitmen untuk melakukan investasi jangka panjang pada EV di Kanada.

Soal produk, Ford sendiri punya satu produk andalan, yakni Ford Mustang Mach-E. Produk yang diperkenalkan tahun lalu itu dinilai cukup menarik karena dibekali fitur fast charging.

Dengan fitur ini, baterai dapat diisi ulang dalam waktu yang relatif singkat. Ford mengungkapkan bahwa produk yang dilengkapi dengan baterai rentang standar dapat mengisi ulang baterai sebanyak 70 persen hanya dalam 38 menit. Sementara, produk dengan baterai jarak jauh dapat mengisi daya hingga 70 persen hanya dalam 45 menit.

Rekor ini sepertinya mengalami peningkatan sekitar 30 persen dari catatan pengisian yang dipublikasikan di awal peluncuran. Dengan peningkatan tersebut, pengisian Mach-E ini setara dengan kemampuan yang dimiliki Tesla.