Ford bergabung dalam protes tersebut agar Facebook bertanggung jawab atas kontennya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menyusul gerakan #StopHateForProfit yang digemakan keras untuk Facebook, Ford menegaskan komitmennya untuk tidak memasang iklan Bronco 2021 di media sosial. Pesaingnya, Jeep, menggunakan strategi pemasaran yang berbeda dengan terus beriklan di Facebook.

"Apa yang kami tunda adalah iklan berbayar, tetapi kami (optimis) masih akan berdampak besar dengan minat media sosial organik lainnya," kata Chief Communication Officer Ford Mark Truby seperti dikutip dari USA Today, Minggu (12/7).

"Minat yang telah dibangun dan dimakamkan di Bronco ada di hati para penggemar, dan kami akan menjangkau khalayak luas," katanya.

Acara pengungkapan Bronco 2021 memperkenalkan model Bronco dua pintu dan empat pintu serta SUV Bronco Sport yang lebih kecil. Para eksekutif Ford mengatakan perusahaan itu berusaha menarik perhatian pelanggan Jeep, khususnya Wrangler.

Sementara itu, Fiat Chrysler Automobiles, yang memiliki merek Jeep, mengatakan kepada Free Press, "Merek Jeep akan aktif di saluran media sosialnya selama dua minggu ke depan."

Ketika ditanya apakah Jeep merencanakan tantangan langsung ke Ford Bronco, juru bicara FCA mengatakan, "Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut."

Jadi dalam beberapa hari mendatang, ketika konsumen memasuki media sosial dan mencari informasi tentang Ford Bronco, iklan Jeep Wrangler mungkin muncul. Media sosial dapat dimeriahkan dengan gambar Wrangler HEMI V-8 yang baru.

Ford mengumumkan 29 Juni, empat hari setelah pengungkapan Ford F-150 2021, bahwa perusahaan akan bergabung dalam penangguhan iklan berbayar di Facebook – sebagai protes untuk meminta pertanggungjawaban Facebook atas kontennya.

Ford juga memperpanjang jeda 30 hari dari media sosial termasuk Youtube, Instagram dan Twitter. "Kami membuat keputusan untuk menghentikan sementara iklan media sosial kami untuk alasan yang baik. Jelas kami tahu ini adalah kerangka waktu yang sama dengan beberapa peluncuran yang sangat penting, tetapi saya pikir kami menemukan cara kreatif untuk mencapai dampak yang sama," kata Truby.

Ford akan mengungkap Bronco 2021 di seluruh ekosistem layanan siaran, kabel, digital, dan streaming. Jimmy Chin, seorang sutradara film dan sinematografer pemenang Oscar, juga berkolaborasi dengan Disney dalam proyek ini.

sumber: Antara