Ford Mustang terjual hingga 102 ribu unit di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN – Selain menghadirkan produk mobil kompak, Ford juga merupakan salah satu merek yang secara konsisten bermain di kelas sportcar. Sejak 1964, Ford telah menunjukkan taringnya melalui produk-produk Ford Mustang.

Dilansir dari Car Advice, Selasa (28/4), mobil dengan desain khas ini dinobatkan sebagai mobil sport paling sukses untuk 2019. Hal yang membuat mobil ini pantas dianggap sebagai mobil sport paling sukses adalah karena sepanjang 2019 mobil ini tercatat total penjualan di seluruh dunia 102.090 unit.

Prestasi ini juga membuktikan bahwa Ford Mustang adalah salah satu produk Ford paling populer di pasar global. Apalagi, gelar sportscar paling sukses telah diraih oleh Ford Mustang selama lima kali berturut-turut.

Chief Operating Officer Ford Motor Company, Jim Farley juga mengaku sangat bangga dengan prestasi Ford Mustang. "Kami bangga karena Ford Mustang mampu menunjukkan kinerja penjualan yang stabil. Sekarang penggemar yang ingin menikmati sensasi mengendarai Ford Mustang juga meningkat," kata Jim Farley.

Dalam hal pertumbuhan penjualan, ia mengungkapkan bahwa Ford Mustang mencatat pertumbuhan 33 persen di Jerman pada 2019. Di Polandia, mobil ini juga mengalami peningkatan penjualan 50 persen. Sementara di Perancis, Ford Mustang telah meningkatkan penjualan dua kali lipat.

Saat ini, Ford Mustang ditawarkan dalam 13 varian. Salah satu varian yang bisa memicu angka penjualan adalah Ford Mustang R-Spec. Model edisi terbatas ini dianggap berjasa karena berhasil menjadikan mobil ini salah satu sportscar yang paling diidamkan.

Sejak pertama kali dihadirkan, Ford Mustang kini telah dihadirkan dalam enam generasi. Generasi keenam sendiri sebenarnya telah dihadirkan sejak 2013 dan terus mengalami sedikit perubahan hampir setiap tahun. Soal mesin, mobil ini hadir dengan opsi 2,3 liter ecoboost (310 daya kuda) dan V8 5 liter yang mampu 460 tenaga kuda.

Tahun lalu, Ford juga secara singkat memperkenalkan Ford Mustang Mach-E, sebuah SUV listrik. Mobil lima pintu ini ditenagai oleh motor listrik yang ditenagai hingga 459 tenaga kuda dan memiliki daya jelajah hingga 480 kilometer.