Jakarta – Unit-unit kepala besar tampaknya menjadi tren di Indonesia. Beberapa pabrikan juga menghadirkan head unit besar sebagai pemanis pada interior mobil. Bahkan ada beberapa yang menghadirkan head unit seukuran tablet.

Dengan head unit besar, tentu saja, melihat sistem hiburan hingga navigasi lebih jelas daripada ukurannya yang kecil. Namun penggunaan head unit yang besar harus diperhatikan karena dapat mengganggu konsentrasi pengemudi.

"Pada dasarnya, hampir semua mobil memiliki layar media jika ukurannya tergantung pada kebutuhan. Di BMW, kami pikir itu dapat mengganggu, itu bisa berbahaya," kata Anindyanto Dwi Kumoro, Perencanaan Produk BMW Group Indonesia pada tes BMW X3 sDrive20i drive, Qbig BSD, Tangerang, Rabu (20/3/2019).

BMW sendiri telah merilis varian X3 termurah yang mengusung layar sentuh 10,25 inci dengan layar MID resolusi tinggi 8,8 inci. Layar hiburan telah terhubung dengan sistem Navigasi BMW profesional, Drive DVD, Kontrol Sentuh iDrive, Kontrol Gerakan BMW sehingga dapat dioperasikan dengan gerakan tangan, Aplikasi BMW, fasilitas hands-free dengan antarmuka USB termasuk Bluetooth, koneksi AUX-in , telepon nirkabel, koneksi streaming audio, ke kontrol suara.
Kepala unit Wuling Almaz Foto: Rangga Rahadiansyah

Unit head besar tidak hanya dimiliki oleh mobil premium. Baru-baru ini Wuling pada SUV pertamanya Almaz juga menghadirkan head unit besar. Almaz memiliki head unit 10,4 inci yang sangat mirip dengan tablet. Head unit di Almaz bahkan mirip dengan mobil listrik dari Tesla Amerika Serikat. (kering / bulan)