Bahan bakar berkualitas memiliki efek positif pada mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengingatkan pemilik kendaraan bermotor untuk mematuhi penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan untuk kendaraan mereka. Jika ada kerusakan karena bahan bakar tidak disarankan, maka garansi tidak berlaku lagi.

"Sejauh yang kami tahu aturan harus seperti itu. Jika ada kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar, maka itu di luar jaminan," kata Yohannes dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Selasa ( 11/27).

Mengenai bahan bakar yang disarankan, mobil keluaran terbaru ini memang wajib menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi, paling tidak RON 92. "Kami mengharuskan mobil menggunakan bahan bakar berkualitas. Dan itu dicetak pada manual saat membeli mobil," katanya.

Persyaratan penggunaan bahan bakar berkualitas adalah karena mesin kendaraan yang diproduksi memang dirancang untuk bahan bakar standar internasional, sehingga kendaraan harus menggunakan bahan bakar yang ditentukan. Yohanes menyatakan bahwa desain mesin tidak dapat dipisahkan dari peraturan pemerintah terkait standar emisi. Misalnya, setiap kendaraan yang terbuat dari bensin harus mematuhi Euro-4.

Peraturan tersebut berlaku sejak Oktober 2018. Ini berarti semua mobil yang diproduksi oleh Gaikindo telah disesuaikan dengan aturan.

"Sehingga jika diisi dengan BBM sesuai standar Euro-4, maka emisi yang dibuang juga akan sesuai dengan standar Euro-4," katanya.

Dengan menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi sesuai dengan standar pabrikan, performa kendaraan akan sangat baik, karena performa, akselerasi, kekuatan menanjak dan ketahanan mesin sangat tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan. "Dan tentu saja, kualitas bahan bakar memiliki efek positif pada mobil. Mesin juga lebih tahan lama," katanya.

Ketua Umum Komunitas Grand Livina (Gravinci) Humardani menyatakan bahwa bahan bakar berkualitas memiliki efek positif pada kendaraan. Selain lebih efisien dalam konsumsi, ini juga bagus untuk performa mesin. Contoh paling mudah, mesin tidak akan menggelitik dengan penggunaan BBM berkualitas.

"Oleh karena itu, mayoritas sekitar 3.490 anggota, Gravinci telah menggunakan BBM dengan RON setidaknya 92 seperti yang direkomendasikan dalam manual," kata Dani.