Jakarta –

Marc Marquez telah menguasai arena MotoGP sejak melakukan debutnya pada tahun 2013. Salah satu hal unik tentang pembalap Spanyol adalah gaya mengemudi ketika ia mengendarai adrenalin di trek.

Cal Crutchlow dari tim Honda Racing Corporation (HRC) menganalisis gaya mengemudi Marquez dan mengatakan bahwa tidak ada pembalap lain yang bisa menirunya. Sebagai pembalap HRC, Crutchlow memiliki hak istimewa untuk dapat mengakses telemetri Marquez. Data menunjukkan bagaimana Marquez dapat memacu motor balap Honda RC213V lebih cepat dari pengendara lain.

Meskipun sepeda motor memang telah memenangkan enam kejuaraan dunia MotoGP, itu masih merupakan motor yang tidak mudah dikendalikan. Crutchlow mengatakan Marquez memiliki bakat luar biasa ketika sebagian besar pembalap lain mengalami kecelakaan saat menggunakan metode yang sama.

"Marc adalah bakat luar biasa, pria hebat untuk bekerja bersama dalam pabrik yang sama. Sulit untuk memahami bagaimana dia melakukannya karena dia menang ketika sepeda motor tidak dapat menang. Apakah Anda tahu apa yang saya maksud? Caranya? dia mengendalikan momen, momen yang dimilikinya, "cara dia bermanuver, penggunaan rem belakang dan depan adalah sesuatu yang sangat, sangat luar biasa," katanya kepada BT Sport.

Hal yang paling disorot dalam lomba adalah bagaimana mengontrol kecepatan. Karenanya Crutchlow dengan cara Marquez menggunakan rem pada sepeda motor.

"Jadi ini tentang kontrol rem atau cara dia mengemudi dan cara dia menggunakan rem belakang, hal-hal seperti itu. Kita hanya melihat data, garis deacceleration. Ketika garis deacceleration memiliki bit bergerigi di dalamnya, itu adalah mengunci roda depan dan kemudian membuka dan kembali ke jalurnya, "Crutchlow menjelaskan, berusaha menjelaskan.

Apa yang Crutchlow katakan berbahaya adalah bagaimana Marquez mengunci roda depan ketika menarik tuas rem dan bermanuver saat itu juga. Tidak mungkin ada yang bisa melakukannya dengan kecepatan dan kemiringan seperti itu.

"Untuk orang normal di jalan, saya tidak bisa mengatakan apa yang akan terjadi. Jelas kami cukup sering mengunci bagian depan dan kami memahami bahwa itulah yang terjadi. Tetapi ketika itu "Miring dia bisa melakukannya, bagaimana dia bisa mengendalikannya, dan tidak menabrak adalah sesuatu yang sangat spektakuler," katanya.

Crutchlow mengagumi Marquez sebagai guru yang baik untuk belajar balap. Namun, jangan meniru apa yang dia lakukan karena hanya dia yang bisa.

"Adalah baik untuk belajar darinya dalam satu hal. Tetapi di sisi lain Anda tidak ingin belajar darinya karena jika Anda mencoba dan melakukan apa yang dia lakukan, itu tidak akan berakhir dengan baik. Terkadang Anda harus melakukan beberapa hal yang dia lakukan, tetapi saring di mana Anda bisa melakukannya, "pungkasnya.

Lihat videonya "Marc Marquez Mengungkap Kelemahannya, Apa Artinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)