Jakarta – Pada tahun 2018 berbagai aliran sepeda motor muncul dan membantu meramaikan industri otomotif di tanah air, seperti Bobber, Pelacak, Cafe Racer, Scrambler, Japstyle, dan Chopper. Khususnya pada tahun 2018, Presiden Indonesia Joko Widodo secara mengejutkan juga menyukai dunia sepeda motor khusus.

Pria asal Solo ini tercatat memiliki dua sepeda motor khusus buatan bengkel lokal. Royal Enfield Bullet 350 yang pertama dimodifikasi aliran Chopper klasik oleh Elders Garage dan Kickass Chopper. Yang kedua adalah Chopper-Bobber W175, yang dikerjakan oleh Katros Garage, Tangerang.

Lalu untuk 2019, apakah aliran motor custom akan naik menjadi tren ya, apakah efek Jokowi mengendarai motor custom tren Chopper masih populer?

Menurut pentolan bengkel khusus Katros Garage, Ateng, pada tahun 2019 trennya hampir sama dengan tahun sebelumnya.

"Tahun depan mungkin akan tetap sama, cafe racer dan tracker, hanya mungkin tahun depan akan ada lebih banyak motor perajang dibandingkan tahun ini," kata Ateng saat dihubungi detikOto, Kamis (27/12/2018).

Lebih lanjut Ateng mengatakan bahwa semakin banyak pengguna sepeda motor baru di kelas kecil hingga menengah cc ingin menjadi berbeda. Itu juga tidak bisa diabaikan oleh kehadiran bengkel Costum yang mulai berkembang di negara ini.

"Untuk pengguna harian, semakin banyak pemula yang menggunakan hobi sepeda motor cc kecil sedang, tidak hanya transportasi," kata Ateng.

Tidak hanya penggunaan sepeda motor setiap hari, bahkan untuk kelas kontes, tren ini diyakini bahwa semakin banyak perubahan baru yang segar di negara ini. "Untuk kelas kontes motor kustom (non-matic, bebek, olahraga), ada lebih banyak inovasi, terutama di frame buatan tangan," kata Ateng.

Sementara dengan menjamurnya skuter yang menghiasi jalan raya di Indonesia. Katros Garage mengklaim bahwa ia sedang mempersiapkan tren baru modifikasi skuter yang tetap menyenangkan untuk diundang setiap hari atau penuh gaya selama Sunday Morning Ride (Sunmori).

"Tahun depan, Katros akan mencoba memulai tren baru dengan bermain di pasar sepeda motor, & # 39; hanya bukan pengendara rendah matic ya! & # 39; jelas bahwa model ini masih digunakan oleh kelas sunmori dengan yang lain motor adat, "pungkas Ateng. (riar / lth)