Dua sepeda listrik yang akan dirilis ramah komuter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan manufaktur otomotif besar General Motors (GM) berencana merilis dua sepeda listrik tahun depan. Rencana ini disampaikan oleh perusahaan di balik layar produksi mobil elektrik, Chevy Bolt, pada Jumat (11/2).

Dalam pengumumannya, GM mengatakan bahwa dua sepeda listrik yang akan dirilis ramah komuter. Dilansir di Mashable, Sabtu (3/11), keduanya akan terintegrasi dan terhubung dengan salah satunya bisa dilipat.

Detail lengkap tentang mesin, baterai, rangka mesin, dan masih banyak lagi yang belum dikirimkan oleh GM. Namun, berbagai spekulasi tentang sepeda listrik ini telah muncul di publik selama bertahun-tahun. Tahun lalu, berita telah meledakkan bahwa sepeda listrik GM telah dimulai.

Pada 2015, Washington Post menulis sebuah artikel bahwa seorang eksekutif GM mengisyaratkan layanan sepeda listrik. Konsepnya mungkin seperti layanan berbagi GoBike Ford.

Sekarang, instruksi menjadi lebih nyata. Tapi, hampir pasti, sepeda GM ditujukan untuk produk konsumen, bukan layanan berbagi. Meski begitu, itu tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa sepeda listrik GM akan masuk ke platform berbagi mobil GM, Maven, nanti.

Direktur Solusi Mobilitas Perkotaan GM Hannah Parish mengatakan sepeda listrik dimaksudkan untuk membantu orang-orang bergerak di sekitar kota dengan lebih mudah. "Selain itu, sepeda ini memberikan konsep yang cocok dalam kehidupan mereka," katanya.

Parish menjelaskan bahwa sepeda listrik fokus pada komuter, jadi mereka menerapkan sistem lipat. Pengguna dapat naik kereta, melipat sepeda dan membawanya keluar dari kereta untuk mulai mencapai tujuan.

Sepeda dirancang oleh desainer mobil GM, sehingga mereka memiliki nuansa seperti mobil. Sepeda juga memiliki lampu LED depan dan belakang yang dapat diisi ulang, sehingga dapat meredakan kecemasan publik tentang keselamatan di malam hari. Fitur ini adalah solusi bagi mereka yang enggan mengendarai sepeda dengan alasan bahwa mereka takut ditabrak mobil.

Sepeda listrik GM juga mampu mengisi kekurangan sepeda konvensional dalam hal mengurangi kelelahan pengguna. "Ketika sudah mulai berkeringat, di mana listrik akan membantu Anda mengayuh," kata Parish.

Hingga saat ini, GM belum merilis harga sepeda. Tapi, perusahaan itu yakin, harganya akan lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil.

Hanya, ada satu hal yang hilang dari sepeda listrik GM, yaitu nama produk. Untuk mengisi kekosongan ini, perusahaan membuat sebuah kontes mencari nama-nama kreatif dengan total hadiah sebesar 10 ribu dolar AS. Untuk sembilan runner up, GM menyediakan 1.000 dolar AS. Nama pemenang akan diumumkan pada awal 2019, mendekati waktu peluncuran sepeda.