Jakarta – Motor listrik yang dibuat oleh PT Gesits Technologies Indo (GTI) telah digulirkan beberapa kali. Telah dipanggil untuk meluncur pada bulan Agustus, tetapi mundur ke bulan berikutnya.

Kabar sepeda motor terbaru akan segera diluncurkan awal tahun depan. Gesit yang memiliki nama lengkap Garansindo Electric Scooter ITS) akan menjadi industri kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia.

"Kami akan meluncurkan sekitar Januari atau Februari 2019. Tetapi kami belum bisa mengatakan tanggal pasti," kata CEO GTI Harun Sjech pada pertemuan dengan wartawan di Jakarta pada Kamis (12/6/2018).

Sebagai informasi, sepeda motor listrik Gesits telah memperoleh Kode Perusahaan dan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) dari Kementerian Perindustrian. Ini berarti motor listrik ini telah resmi menjadi motor listrik nasional.

Perusahaan dan NIK Code diberikan oleh Direktur Jenderal Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronik (Direktur Jenderal Ilmate), Ilmate Harjanto kepada Direktur PT Wijaya Karya Manufaktur M. Samyarto, disaksikan oleh CEO PT Gesits Technologies Indo Harun Sjech di Jakarta pada hari Rabu (11/28 / 2018) lalu.

Motor listrik Gesit Foto: Andhika Prasetia

Menurut Harjanto, Gesits menjadi industri kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia yang menerima Kode Perusahaan dan NIK dari Kementerian Perindustrian.

"Kami mendukung sepenuhnya kelancaran proyek sepeda motor listrik Gesits sesuai dengan instruksi Presiden karena ini adalah karya anak-anak bangsa," kata Harjanto dalam siaran pers, Kamis (11/29 / 2018).

"Hampir tidak ada waktu yang terbuang. Semua proses berjalan cepat, mulai dari pengajuan aplikasi hingga selesai. Dan, yang paling penting, tidak ada biaya dalam manajemen, sangat profesional," kata Harun, yang mengakui bahwa proses manajemen dokumen adalah sangat cepat di Kementerian Perindustrian.

Kode Perusahaan dan NIK yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian adalah dasar bagi Gesits untuk diakui sebagai kendaraan rakitan di negara ini.

"Melalui dokumen ini, Gesit dapat menjalani pengujian jenis sebagai langkah untuk diakui sebagai kendaraan hukum di jalan raya," kata Harun.

Untuk informasi, Gesits sepeda motor listrik dibuat melalui perjanjian kerjasama pada produksi, pemasaran dan operasi dari model Triple Helix yang dimediasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi antara Akademisi-Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan sektor swasta.

Dalam hal ini, Akademisi diwakili oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret (UNS), sedangkan pemerintah / BUMN adalah BUMN yang memiliki keahlian di bidangnya. , termasuk PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), PT Pindad (Persero), PT Len Industri (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang diwakili oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan PT Gesits Technologies Indo (GTI) dari sektor swasta.

Selain itu ada PT WIKON, yang bersama PT GTI membentuk perusahaan patungan antara PT Wijaya Manufacturing (PT WIMA), perusahaan baru yang akan memproduksi Gesit di sebuah pabrik yang berlokasi di kawasan industri PT WIKA di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Gesits Infographics Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah (lua / ddn)