Jakarta –

Elektrifikasi Maserati telah dimulai dengan peluncuran Maserati Ghibli Hybrid. Model ini menggantikan diesel V6 dengan kombinasi mesin bensin 2.0 liter empat silinder turbo dan sistem hybrid 48V ringan.

Kombinasi listrik dan bensin diklaim menghasilkan tenaga gabungan 325 bhp dan torsi pada 332 lb ft. Lebih lanjut, Maserati mengatakan bahwa drivetrain menawarkan kinerja bensin V6 tetapi dengan emisi CO2 25% lebih sedikit. Konsumsi bahan bakar mulai dari 33,2 mpg.

Drivetrain baru memungkinkan Ghibli Hybrid untuk mencakup 0-100 kpj dalam 5,7 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 254 kpj. Mobil ini menggunakan penggerak roda belakang yang dikirim oleh transmisi otomatis ZF delapan kecepatan.

Masserati Ghibli Hybrid Foto: Autocar

Mesin 2.0 liter diadaptasi dari model Alfa Romeo dengan ECU baru dan pengaturan baru untuk menghasilkan lebih banyak torsi. Ini dikawinkan dengan sistem 48V yang terdiri dari generator dalam sistem pengereman untuk mengisi baterai. Energi yang dihasilkan dari sini memberi energi pada eBooster yang mengisi celah torsi sebelum turbo.

Maserati memilih sistem hybrid 48V ini daripada plug-in hybrid untuk menghindari penambahan berat badan.

"Kami sedang mempertimbangkannya, tetapi untuk menambah nilai, itu membutuhkan jarak hingga 50 km. Tapi itu berarti baterai besar di bagasi dan masalah distribusi yang berat," kata bos elektrifikasi Maserati, Corrado Nizzola.

"Pada tenaga mesin Anda memiliki bobot lebih dan pada mode EV daya lebih kecil. Untuk Maserati, sistem 48V adalah solusi terbaik," tambahnya.

Elektrifikasi juga berlaku untuk perubahan penampilan. Perubahan tampilan meliputi desain gril depan baru, detail trim biru dan warna abu-abu eksklusif Grigio Evoluzione. Maserati juga telah memperbarui muffler untuk memastikannya membuat suara alami dari Maserati Ghibli Hybrid.

Masserati Ghibli Hybrid Foto: Autocar

Maserati Ghibli Hybrid hadir dalam dua pilihan, GranSport yang lebih sporty dan GranLusso yang lebih mewah.

Ghibli Hybrid ditawarkan dengan infotainment MIA terbaru yang dapat menjalankan sistem Android baru. Maserati mengklaim sistem ini lebih cepat dari sistem infotainment sebelumnya. Pengoperasian dilakukan melalui layar sentuh resolusi tinggi 10.0 dengan kontrol suara untuk fungsi-fungsi tertentu.

Produksi mobil baru ini akan dimulai pada bulan September. Meski begitu mobil dapat dipesan sekarang, harga mulai dari meskipun tersedia untuk memesan sekarang, dengan harga mulai dari £ 58.220.

Lihat video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tetapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)