Konsep pameran Gaikindo Jakarta Auto Week berbeda dengan GIIAS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 yang dinantikan banyak pihak akhirnya diputuskan untuk dibatalkan penyelenggaraannya tahun ini. Semula, GIIAS akan berlangsung pada 22 Oktober hingga 1 November 2020.

Sebagai gantinya, Gaikindo akan menggelar pameran otomotif dengan konsep baru Gaikindo Jakarta Auto Week, sebuah pameran yang akan menciptakan potensi penjualan mobil yang sangat besar, sekaligus dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan produk-produk baru. Pameran akan berlangsung selama sembilan hari, mulai 21 hingga 29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Rizwan Alamsjah selaku ketua III sekaligus ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo melalui keterangan tertulisnya pada Selasa (18/8) mengatakan, pameran kali ini memiliki konsep yang berbeda dengan GIIAS The Series. “Seperti yang kita ketahui, GIIAS fokus mempromosikan peluncuran produk dan teknologi terkini dari industri otomotif. Sedangkan Gaikindo Jakarta Auto Week bertujuan untuk mendongkrak penjualan mobil baik produk existing maupun yang baru diluncurkan di pameran tersebut,” ujarnya.

Gaikindo Jakarta Auto Week akan menggunakan seluruh area JCC yang seluas kurang lebih 30 ribu meter persegi. Besaran pameran ini dinilai lebih proporsional untuk digelar kali ini. GAIKINDO berharap dengan adanya pemilihan waktu di akhir tahun, area pameran dan lokasi yang berada di tengah kota dapat menjadi pendorong positif bagi industri otomotif untuk tampil maksimal, dan tentunya juga memudahkan pengunjung.

Selama sembilan hari pameran tersebut diharapkan bisa menarik 250 ribu pengunjung, hal ini tentunya disesuaikan dengan batasan sosial, protokol kesehatan Covid-19. “Pameran akan tetap berpegang pada protokol keamanan Covid-19, yang juga termasuk membatasi jumlah pengunjung sekaligus, agar tetap aman,” kata Rizwan.

Pembatasan bukan berarti hasil yang minimal. Pameran ini diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal untuk mengembalikan prestasi industri. Menurut Rizwan, berbagai program direncanakan untuk mendongkrak penjualan yang terjadi selama pameran, mulai dari cashback, promo bundling, hingga live auctions yang diyakini bisa mendongkrak pengunjung. minat untuk menghadiri dan melakukan transaksi.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan GIIAS merupakan pameran otomotif bertaraf internasional yang didukung oleh International Organization for Manufacturing Companies (OICA). Kegiatan ini membutuhkan waktu persiapan yang cukup lama.

Selain acara pameran inti, GIIAS juga meliputi penyelenggaraan konferensi internasional, Gaikindo International Automotive Conference (GIAC), kehadiran kendaraan konsep, serta peluncuran berbagai produk terbaru dari para peserta, yang membutuhkan persiapan detail dan waktu yang cukup lama. . Persiapannya rumit, detailnya dengan waktu yang lama, oleh karena itu melihat waktu yang lebih singkat, Gaikindo sudah mengambil keputusan untuk membatalkan GIIAS 2020 BSD City, ”ujarnya.

Pihaknya akan kembali berencana menggelar GIIAS The Series pada 2021. Gaikindo bertanggung jawab untuk berkontribusi bagi pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memulihkan perekonomian negara, serta dengan arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, diputuskan tahun ini Gaikindo akan menggelar pameran otomotif dengan konsepnya berbeda dengan GIIAS, "ujarnya.