GIIAS Seri ini akan membawa ide-ide teknologi progresif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) kembali menghadirkan pameran otomotif kelas dunia. Pameran bertajuk "The Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series" pada tahun 2019 mengusung tema "Future in Motion".

"Future in Motion" berarti gerakan di masa depan. Di GIIAS The Series, pengunjung diharapkan untuk melihat bagaimana teknologi mobil berkembang.

"Pameran ini adalah transfer energi. Kami menjelaskan nama teknologi, dari kendaraan bermotor ke masyarakat umum," kata Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi pada konferensi pers di Jakarta Selatan, Selasa (26/2).

Menurutnya, saat ini pergerakan teknologi kendaraan, khususnya mobil sangat cepat dan beragam. Ia menilai, perubahan teknologi pada mobil yang sangat masif, terjadi pada era saat ini.

Mobil, katanya, meskipun sudah ada sejak tahun 1900-an, tidak ada banyak perubahan mesin dari waktu ke waktu. "Tetapi jika kita melihatnya terakhir kali, itu adalah gerakan yang luar biasa," katanya.

Misalnya, di Perancis, yang merupakan negara maju, ada penelitian yang mengatakan kendaraan bermotor harus dapat mengurangi waktu perjalanan. Selain itu, penelitian mengatakan bahwa kendaraan saat ini yang berlaku di Prancis harus memiliki potensi nol kecelakaan atau nol kecelakaan.

Kemudian, penelitian juga mengatakan mobil tidak perlu menggunakan pengemudi lagi. Meski begitu, hasil penelitian ini diakui oleh John masih jauh dari yang diterapkan di Indonesia.

Namun, ini tidak berarti bahwa itu tidak dapat diterapkan di Indonesia. Dia menyebutkan bahwa dengan GIIAS The Series, dia akan membawa ide-ide teknologi progresif ke Indonesia.

"Karena peta dunia sudah mulai berubah, tentu saja Indonesia juga sudah mulai berubah." Teknologi masa depan, yang akan kita bawa ke Indonesia, "kata Yohannes.

Gaikindo tidak akan menetapkan target penjualan dan pengunjung yang datang untuk melihat pameran kelas dunia. Keinginan Gaikindo untuk menyelenggarakan GIIAS The Series adalah transfer informasi tentang teknologi yang berkembang di industri otomotif, dan juga inovasi yang kemudian dikomunikasikan kepada masyarakat Indonesia.

Contohnya adalah inovasi, seperti pengembangan teknologi biodiesel, mobil listrik termasuk hibrida dan plug-in hibrida, dan hidrogen. GIIAS The Series akan berlangsung di kota Surabaya, tepatnya di Grand City Mall, pertama sebagai pembukaan pada 25 Maret mendatang hingga 7 April 2019. Kemudian GIIAS akan diadakan di Jakarta, tepatnya di ICE BSD, pada 18 Juli- 28, sebagai acara GIIAS ke-27.

Selanjutnya, GIIAS Seri dilanjutkan di Kota Makassar, tepatnya di Celebes Convention Center pada 4-8 September. Kemudian, Seri GIIAS akan ditutup di Kota Medan, tepatnya di Santika Convention Center pada 23-27 Oktober.