Jakarta –

Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO) membatalkan pameran otomotif GIIAS 2020 yang direncanakan di Surabaya. Langkah ini diambil karena penyebaran Covid-19 di Surabaya mengalami tren kenaikan.

"Keputusan sulit bagi kami untuk membatalkan implementasi GIIAS Surabaya 2020 karena industri otomotif sekarang siap untuk mulai naik lagi," kata Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi dalam pernyataan resmi yang diterima oleh AFP, Kamis (16/7/2020).

"Namun, kesehatan masyarakat, terutama di Jawa Timur tetap menjadi prioritas kami, jadi dengan satu suara GAIKINDO membuat keputusan ini," lanjutnya.

Meskipun seri GIIAS Surabaya telah ditunda, Nangoi mengatakan bahwa GIIAS yang diadakan di BSD-City akan berlanjut pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Pameran Konvensi Indonesia (ICE), Tangerang, Banten. Dia mengatakan acara otomotif tahunan ini adalah bentuk dorongan untuk industri otomotif untuk bangkit kembali setelah jatuh oleh Corona.

"Kami akan terus bekerja untuk mendukung pemulihan industri otomotif skala nasional dengan GIIAS 2020 yang sedang berlangsung di BSD-City. Karena kami percaya implementasi akan menjadi momentum yang sangat tepat bagi industri otomotif untuk menunjukkan kinerja mereka," pungkasnya. .

Selanjutnya, Gaikindo sedang mempersiapkan protokol kesehatan selama GIIAS 2020 di BSD-City.

Protokol berlaku untuk semua pengunjung, tetapi juga untuk semua peserta dan semua pihak yang terkait dengan pameran, seperti tempat pameran, pekerja stand, penyedia makanan, dan penyedia transportasi.

"Protokol kesehatan sedang dipersiapkan bersama, kami ingin semua pihak membuat persiapan secara rinci baik dari penyelenggara dan peserta, sehingga pameran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi semua pengunjung," katanya.

Untuk tahun 2021, GAIKINDO berencana untuk menahan Seri GIIAS kembali di empat (4) kota, Surabaya, Jakarta, Makassar dan Medan.

Tonton Video "Tanpa Gejala, 2 Orang Korona Positif di Sumedang Diambil oleh Petugas"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)