Jakarta – Sadar akan pentingnya keselamatan mobil otonom, 3 pabrikan raksasa otomotif GM, Ford, dan Toyota bersama dengan standar Grup SAE International, membentuk organisasi baru yang berfokus pada keselamatan mobil otonom.

Dikutip dari kirilanews, konsorsium ini akan dikenal sebagai Automated Vehicle Safety Consortium (AVSC). Kelompok ini bertujuan untuk menciptakan kerangka kerja keselamatan untuk mengembangkan dan menguji SAE Level 4 dan Level 5 kendaraan otomatis atau kendaraan otonom.

"Pekerjaan pada akhirnya akan menginformasikan dan mempercepat pengembangan standar industri, untuk kendaraan otonom (AV), sejalan dengan upaya konsorsium dan badan standar lainnya di seluruh dunia," kata kelompok itu dalam siaran pers.

Tentu saja berita ini harus menjadi berita positif, mengingat bahwa banyak pabrikan otomotif raksasa dan perusahaan baru yang bersaing untuk dapat melahirkan mobil otonom.

Karena dikatakan bahwa kategorisasi SAE telah membantu menentukan tingkat fungsionalitas, tetapi industri tampaknya masih tidak yakin tentang bagaimana menentukan kapan teknologi harus dirilis ke pasar.

"Tujuan kami dengan konsorsium ini adalah bekerja dengan industri dan mitra pemerintah untuk mempercepat pengembangan standar, yang dapat mengarah pada pembuatan peraturan," kata CTO kendaraan otonom Ford, Randy Visintainer.

Hmmm, mungkin pabrikan otomotif lain akan setuju tidak? (lth / ddn)