Pengemudi dapat melihat informasi seperti kecepatan kendaraan dengan lebih mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT – Saat ini beberapa mobil sudah dilengkapi dengan teknologi head up display (HUD). Melalui fitur ini, pengemudi dapat melihat berbagai informasi seperti kecepatan kendaraan dengan lebih mudah.

Dengan adanya HUD tersebut, pengemudi dapat melihat informasi tersebut tanpa harus melihat ke panel speedometer karena informasi tersebut juga terpampang di kaca depan. Dilansir dari Car and Driver, Rabu (14/19), General Motors (GM) juga sedang mengembangkan teknologi HUD yang lebih canggih.

Teknologi yang dikembangkan menggunakan teknologi hologram. Dengan begitu, HUD mampu menampilkan informasi yang lebih luas melalui kaca depan atau kaca depan.

Fitur ini hadir dengan mengaplikasikan teknologi realitas otomatis. Dengan begitu, HUD mampu menampilkan simbol tertentu pada kendaraan atau pejalan kaki di depannya.

Tak hanya itu, nantinya HUD juga akan terkoneksi dengan sistem navigasi. Jadi, pengemudi bisa melihat penunjuk arah melalui kaca depan sehingga bisa berkendara lebih fokus.

Perkembangan teknologi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan start-up bernama Envisics. GM juga berkontribusi melalui anak perusahaan bernama GM Ventures melalui investasi US $ 50 juta.

Fitur iluminasi dengan hologram 3D hadir dengan dukungan kamera dan sensor yang disematkan di dalam mobil. Dengan adanya fitur tersebut akan memudahkan pengendara dalam memperhatikan pengguna jalan lain dan dalam menentukan jalur yang akan ditempuh.