Jakarta – Di dunia modifikasi tidak ada yang mustahil dilakukan. Apapun ide yang ingin Anda wujudkan dapat diwujudkan dengan berbagai cara trik tertentu. Salah satu modifikasi pada dapur adalah motor kustom yang diproduksi oleh Chris Barber dari Crossberd Cycles.

Mesin buatan Italia ini memiliki sesuatu yang unik dan memang tidak diragukan lagi, katakanlah Ducati, Aprilia, Moto Guzzi dan banyak lainnya. Tapi kali ini Barber tidak tertarik menggunakan mesin kendaraan roda dua sebagai proyek pendukung modifikasi tetapi mesin mobil Italia.

Chris Barber memilih mesin Maserati V6 dengan desain mesin yang lebih kecil dibandingkan dengan mesin V8 dan V12 besar dari produk Italia. Mesin pada sepeda motor ini pada awalnya digunakan di Maserati Merak dan Citroen BC.

Barber memilih mesin ini karena panjangnya yang sangat pendek yaitu 13 inci dari depan ke belakang. Rantai cam memanjang melalui bagian tengah engine dan pompa air serta oli internal membuat desain yang ringkas dari mesin ini sempurna untuk sepeda motor.

Karena ini bukan mobil, sisa drivetrain sepeda motor harus disesuaikan dengan mesin Maserati. Barber menggunakan Baker Frankentranny, lengkap dengan kick-start dengan kopling S & S dan rantai penggerak utama khusus. Semua komponen ini berbagi minyak dari bak mesin. Alternator dan rotor Ducati ST2 adalah sumber listrik untuk penyalaan.

Sisa sepeda motor sepenuhnya dibuat di sekitar mesin Maserati yang duduk melintang seperti Moto Guzzi atau Honda CX500. Otolovers dapat melihat pengerjaan yang lebih rinci dan hasil dari sepeda motor ini di situs Crossberd Cycle, siapa tahu itu bisa menjadi inspirasi modifikasi. (rip / rgr)