Jakarta –

Beberapa sepeda motor dibuat dengan fungsi khusus untuk memberikan kenyamanan sesuai medan. Sepeda motor sport fairing dan motor petualangan memiliki wilayah masing-masing.

Namun tidak jarang ada orang yang mencoba hal-hal yang tidak biasa seperti Andre Sousa. Pembalap asal Portugal ini berkeliling dunia untuk memecahkan rekor dunia untuk perjalanan terjauh dan tercepat menggunakan sepeda motor kecil.

Pada 12 Juli 2020, Sousa memulai petualangan dunia ini. Berdasarkan perhitungan, perjalanan akan memakan waktu sekitar dua tahun. Jarak yang akan dicapai Sousa mencapai 60 ribu km di 50 negara.

Berbicara tentang sepeda motor, Sousa mengandalkan Honda Monkey. Tentu saja Honda Monkey yang digunakan oleh Sousa telah mengalami penyesuaian. Performa tambahan dilakukan menggunakan knalpot aftermarket. Selain itu, lampu juga ditambahkan untuk memberikan lebih banyak visibilitas di malam hari atau cuaca buruk.

Terlepas dari beberapa perubahan kecil, motor ini juga penuh dengan berbagai alat yang dibutuhkan selama perjalanan. Ada tas besar yang hampir sebesar miliil sepeda motor di belakang dan kotak samping untuk meningkatkan kapasitas transportasi barang.

Dalam hal dapur pacu, tenaga Honda Monkey diproduksi oleh mesin SOHC 125cc 4 silinder horisontal satu silinder. Mesin sepeda motor ini memiliki AC dengan diameter dan panjang langkah 52,4 x 57,9 dan rasio kompresi 9,3: 1, didukung oleh teknologi PGM-FI Honda Monkey menghasilkan tenaga maksimum 6,9kW @ 7,000rpm dan torsi 11Nm @ 5,250 rpm.

Model ini memiliki wheelbase 1.155mm, berat motor ini juga ringan yaitu 107kg dengan ketinggian jok 776mm dari permukaan tanah. Ground clearance maksimum dari motor ini adalah 160mm. Kursi terbuat dari karet uretan berkepadatan tinggi untuk memberikan kenyamanan maksimal.

Perjalanan Sousa dapat diikuti melalui halaman Ride That Monkey dan akun media sosialnya.

Lihat video "Honda Monkey, the Tiny Priced dengan Rp. 65 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / rip)