Jakarta –

Toyota mengklaim, GR Supra 2021 dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 382 hp. Namun dari tes dyno yang dilakukan oleh Car and Driver baru-baru ini, terungkap bahwa kekuatannya sebenarnya lebih besar, 388 hp tembus.

Toyota membuat perubahan di sektor kinerja pada model GR Supra 2021. GR Supra akan mendapatkan tenaga lebih ganas, yaitu sekitar 382 hp atau 47 hp lebih besar dari model GR Supra sebelumnya.

Mobil dan Pengemudi berkesempatan untuk menguji kekuatan GR Supra 2021 pada mesin dynamo meter. Tes dyno ini dapat mengukur kinerja maksimum torsi dan kekuatan mobil atau motor melalui rotasi roda (di atas roda).

Pengujian melalui mesin meter dinamo biasanya menghasilkan data yang berbeda dari klaim pabrikan. Torsi dan kekuatan hasil uji dyno umumnya sedikit 15% lebih rendah dari klaim pabrikan yang menguji dino berdasarkan rotasi poros engkol.

[Gambas:Youtube]

Namun anomali terjadi pada hasil tes dyno GR Supra 2021, di mana output daya dari hasil tes on-wheel berbasis dyno ternyata lebih besar daripada output daya yang diklaim oleh Toyota.

Tes Dyno GR Supra 2021 yang dilakukan oleh Car and Driver mencatat hasil 388 hp atau 6 hp lebih besar dari klaim pabrikan. GR Supra 2021 memiliki potensi bahkan menjadi 400 hp ketika digunakan di jalanan, karena hambatan yang lebih minimal dibandingkan dengan hambatan saat melakukan tes dyno.

Untuk diketahui, Toyota GR Supra adalah proyek kolaborasi antara Toyota dan BMW. Dengan basis yang sama, BMW juga memiliki produk serupa yang disebut BMW Z4.

Sejak pertama kali diluncurkan, GR Supra dengan mudah memikat pasar. Pada 2019, mobil senilai USD 56 ribu atau sekitar Rp 840 juta di Amerika Serikat terjual sekitar 2.884 unit. Jangan lupa juga hasilnya didapat hanya dalam 6 bulan karena mobil baru meluncur pada Juli 2019.

Lihat video "Gaya Marcus Gideon Geber Toyota GR Supra"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)