Jakarta – Mobil MPV Saat ini kebanyakan orang tidak lagi menggunakan tenaga penggerak roda belakang. Sebagian besar MPV yang hanya membuka kekuatan pendorong berasal dari roda depan.

Mulai dari Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Nissan Livina terbaru menggunakan tenaga penggerak roda depan. Livina yang mengusung mesin yang sama dengan Xpander, tenaga penggeraknya sama yaitu roda depan.

Sementara Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Wuling Confero masih bertahan dengan identitas MPV yang biasanya mengusung tenaga penggerak roda belakang.

Mobil dengan penggerak roda depan berarti semua daya dari mesin disalurkan ke roda depan mobil. Sementara roda belakang tidak diberi tenaga.

Membawa daya penggerak roda depan membuat mobil lebih irit bahan bakar dan lebih sedikit emisi karbon dioksida.

Sayangnya bagi penggemar mobil performa, mobil penggerak roda depan kurang menyenangkan untuk didorong.

Sebaliknya mobil dengan tenaga penggerak roda belakang alias RWD (Rear-Wheel Drive) berarti bahwa semua daya dari mesin dialirkan ke roda belakang. Roda belakang adalah apa yang membuat mobil berjalan.

Roda depan tidak bertenaga dan bebas bermanuver. Kekuatan penggerak roda belakang membuat bobot mobil lebih merata dan seimbang.

Jika Otolovers lebih suka yang mana? (kering / bulan)