Bogor – Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim telah mempelajari segmen mobil murah atau 7-penumpang Low Cost Green Car (LCGC). Inilah tepatnya ketika mengembangkan Honda Brio generasi kedua.

Namun karena beberapa pertimbangan, HPM masih bertekad untuk memilih mobil 5 penumpang yang kecil dan murah. Alasannya adalah bahwa mobil lebih fungsional dan diinginkan untuk para pencari mobil pertama.

"Ya, pernah. Kami hanya ingin menilai perilaku mengapa mereka memilih 7 penumpang. Karena hanya ada keinginan dan kebutuhan. Kami juga tidak punya rencana untuk membuat mobil," kata Direktur Pemasaran dan Jonfis Fandy. Layanan Purna Jual HPM di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019).

Memang, lanjutnya, para pemburu mobil pertama (pembeli pertama) menginginkan mobil yang terjangkau dan juga banyak kegunaan. Tentu saja mobil 7 penumpang akan lebih dilirik daripada 5 penumpang.

"Tetapi ketika digunakan, mereka berpikir untuk diri mereka sendiri. Karena pada kenyataannya mobil hanya digunakan sampai baris kedua. Jadi lebih baik untuk 5 penumpang," kata Jonfis.

"Ketika dibuat 7-penumpang, itu akan mengorbankan baris kedua. Jika 5 penumpang jelas, bagasi juga akan lebih besar. Lebih nyaman dan cocok bagi mereka yang ingin menemukan mobil pertama atau keluarga kecil," katanya lagi.

Jika memang ada seseorang yang ingin melakukan upgrade, biasanya pemilik mobil akan berdagang dengan mobil Honda 7 penumpang lainnya seperti Mobilio.

Harap perhatikan juga, segmen mobil murah yang memiliki mobil 7 penumpang sudah ditempati oleh Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan juga Datsun Go + Panca. (ruk / lth)