Jakarta – Honda baru saja mengumumkan harga resmi Forza setelah memperkenalkannya untuk pertama kalinya di acara Gaikas International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Agustus lalu.

Seperti yang diperkirakan oleh Honda, Forza dijual dengan kisaran harga Rp. 70 juta, tepatnya Rp. 76,5 juta, OTR Jakarta. Harga ini lebih mahal Rp. 18,7 juta dibandingkan dengan rival Yamaha Xmax. Yamaha menjual Xmax dengan Rp. 57,8 juta OTR Jakarta.

Forza membawa mesin SOGM PGM FI berpendingin cairan 250cc dengan daya maksimum 17,3 kW / 7500 rpm. Kenyamanan berkendara di Honda Forza hadir dengan ban tubeless ukuran 120/70 dengan cincin 15 M / C untuk ban depan dan 140/70 dengan cincin 14 M / C untuk ban belakang. Sementara itu, di bagian pengereman, skuter besar ini dilengkapi dengan cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.

Forza juga dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang dapat mengontrol torsi sehingga kendaraan lebih stabil ketika didorong atau ketika melewati jalan licin.

Di bagian pencahayaan, skuter besar ini menggunakan LED yang tertanam di semua titik pencahayaan mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu ke spion belakang. Selain memberikan penerangan yang lebih baik, penggunaan teknologi ini membuat tampilan lebih mewah.

Model ini juga dilengkapi Sistem Kunci Cerdas Honda yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan alarm Sistem Jawab Belakang. Untuk mendukung mobilitas pengendaranya yang tinggi, Honda Forza juga memiliki soket DC di rak depan.

Untuk mendukung pengemudi dalam memberikan sinyal kepada pengemudi di depannya, skuter besar ini telah dilengkapi dengan fitur lampu penerang dan lampu hazard untuk keadaan darurat. Ukuran U-box ekstra besar dapat menampung 2 helm dan koper lainnya.

Mirip dengan Forza, Xmax mengusung mesin berkapasitas yang sama yaitu 250cc. Yamaha menyematkan teknologi Blue Core pada mesinnya. Mesin Xmax juga dilengkapi dengan Liquid Cooled-4 Valve untuk akselerasi bersama dengan Forged Pistons dan Diasil Cylinder.

Tidak hanya itu, Yamaha juga menaburkan fitur seperti Traction Control System, Adjustrable Windshield dan posisi setang, lampu hazard, kepala LED dan lampu ekor dengan DRL, Soket Daya Listrik, bantuan bagasi untuk 2 helm full face XL, Smart Key System, suspensi depan gaya motor sport, ABS, hingga double disc brake. (kering / rgr)