Jakarta – Harga bahan bakar minyak (BBM) tipe Pertamax Series Alipas Pertamax Cs turun lagi. Penurunan harga sekitar Rp. 100-250 per liter.

Pertalite turun Rp 150 per liter, Pertamax turun Rp 200 per liter, Pertamax Turbo turun Rp 250 per liter, Dexlite turun Rp 200 per liter, dan Dex turun Rp 100 per liter.

Beberapa Otolovers berniat mengganti BBM lagi ke Pertamax Cs karena harganya turun? Sebenarnya itu sah, tetapi ada baiknya memperhatikan dampak pada kendaraan Anda.

Kebiasaan mengganti BBM tidak berpengaruh besar. Namun, jika diam, performa mesin tidak bisa bekerja optimal.

Masalah yang paling sering muncul adalah karena hobi mengganti bahan bakar adalah mesin yang akan menggelitik.

"Potensi menimbulkan gejala knocking saat digunakan. Karena potensi itu bisa langsung atau beberapa tahun ke depan," kata Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi beberapa waktu lalu.

Mengganti bahan bakar tidak hanya berpotensi merusak mesin mobil. Sepeda motor juga. Motor yang seharusnya bisa berjalan lebih cepat, tetapi bisa melambat karena kebiasaan mengganti BBM.

"Akibatnya tarikan motor terasa berat, kecepatan tertinggi berkurang, konsumsi bahan bakar boros, gas buang berbau tajam dan menyakitkan di mata, mesin mudah gelitik," kata Tri Yuswidjajanto Zaenuri, pakar energi di ITB Bandung. (kering / ddn)