Jakarta –

Salah satu plat nomor kendaraan unik yang bisa dimiliki orang Indonesia adalah plat tanpa alfabet belakang. Untuk memiliki plat nomor yang tidak biasa ini, ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Waktu masih pakai plat nomor 3 digit tanpa huruf belakang, sekali lagi saat lampu merah di kaca mobil saya diketok pelan oleh pengemudi lain, dia cuma mau tanya, 'Apakah plat nomornya untuk sale or not. "Vinnie Kinetica Rumbayan (28), pengusaha yang juga pecinta otomotif asal Jakarta, kepada detikOto.

Vinnie saat ini memiliki pelat nomor dua digit tanpa alfabet di bagian belakang. Vinnie enggan menyebutkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan harga pelat nomor unik B 40 miliknya yang digunakannya pada Toyota Avanza.

Namun saat terjadi pandemi seperti sekarang, Vinnie menjelaskan, plat nomor unik 3 digit kerap dijual di e-commerce dengan harga resmi yang luar biasa tinggi.

“Tapi sekarang kalau Corona banyak kolektor atau penyuka otomotif banyak yang jualan. Cek saja di online, kalau tidak salah angka 3 digit harganya bisa Rp 100 juta. Saya cek ada yang laku. baiklah, "kata Vinnie.

Hasil pencarian detikOto harga plat nomor unik 3 digit tanpa huruf belakang Foto: M luthfi Andika / detik.com

detikOto juga mencoba menelusuri salah satu e-commerce ternama di Indonesia. Ternyata itu benar. Angka unik dengan 3 digit tanpa huruf dibelakangnya bisa mencapai Rp 100 juta.

Vinnie melanjutkan, meski harga pelat nomor kosong dua digit yang dimilikinya tidak murah, ia tidak pernah menyesalinya. Pasalnya, katanya, pelat nomor punya nilai sejarah layaknya mobil atau kendaraan di masa kolonial dulu.

Jangan pernah menyesal kalau ditanya mau punya plat nomor unik 1 angka kosong (tanpa ada huruf dibelakangnya) kalau punya rezeki saya sangat menginginkannya. Karena kalau tahu sejarahnya dari zaman perang, plat nomornya masih ada sampai sekarang. Soekarno juga dikasih nomor kosong dibelakangnya, ”kata Vinnie.

“Tapi yang punya plat nomor kosong (tidak ada huruf dibelakangnya) sekarang tau siapa pemiliknya, jadi seru banget ga nyesel beli plat nomor ini. Ini bisa jadi investasi karena tiap tahun terus naik (harga), "tutup Vinnie.

Tonton Video "Polisi Pamer Desain Plat Nomor Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)