Jakarta –

Harley-Davidson telah mencapai kesepakatan baru untuk menyelesaikan perselisihan panjang mengenai klaim produknya mengeluarkan lebih banyak polusi daripada yang diinformasikan. Produsen moge asal Amerika Serikat itu bisa lepas dari kewajiban membayar denda untuk kasus emisi tersebut.

Sebagai pengingat, pada tahun 2016 Harley-Davidson setuju untuk membayar denda perdata sebesar USD 12 juta setelah kedapatan menjual barang aftermarket ilegal yang menyebabkan motor tersebut mengeluarkan polusi berlebih. Selain itu, Harley-Davidson setuju untuk menyisihkan USD 3 juta lagi untuk retrofit atau mengganti peralatan dan mengimbangi kelebihan emisi.

Namun, pada 2017 Departemen Kehakiman di AS mengutip kebijakan baru oleh Jaksa Agung AS Jeff Sessions. Kebijakan baru tersebut dapat mencegah Harley-Davidson membayar denda $ 3 juta lagi dan pengadilan AS sedang mempertimbangkannya.

Setelah empat tahun bernegosiasi, Reuters melaporkan seorang hakim AS mengumumkan bahwa mereka menerima pembelaan Harley-Davidson. Tentu saja ada kelompok yang keberatan dengan hasil ini seperti badan perlindungan lingkungan dan 10 negara bagian, termasuk New York, Illinois, Maryland, Vermont, Washington dan Massachusetts.

“Soal mitigasi memang merupakan resolusi terbaik atas dugaan pelanggaran Harley-Davidson, namun pengadilan tidak bisa mengatakan bahwa putusan yang diajukan ke MK tidak dalam jangkauan kepentingan umum,” tulis Hakim Emmet Sullivan saat menyetujui keputusan persetujuan.

Harley-Davidson tidak mau membayar ganti rugi dalam kasus aslinya dan berpendapat bahwa barang yang dia jual dirancang dan dijual untuk digunakan dalam balap dan bukan untuk sepeda motor jalan raya. Selain itu, Harley-Davidson sebenarnya adalah pabrikan sepeda motor yang sepeda motor standarnya sendiri telah memberikan kontribusi pencemaran yang cukup besar dari mesin besarnya.

Terkait atau tidak, Harley-Davidson berupaya memperbaiki kesan tersebut dengan memiliki line-up motor listrik. Harley-Davidson kini memiliki Livewire yang masuk sebagai motor listrik berkapasitas besar.

Tonton Video "Aksi Penangkapan Harley-Davidson Thief Mode Test Drive di Tangsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lua)