Haley akan mengembangkan model sepeda motor listrik dan teknologi baterai.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA – Produsen sepeda motor besar Amerika Serikat (AS), Harley Davidson, menunjukkan keseriusannya dalam mendesain versi produksi sepeda motor listriknya. Mereka membangun pusat penelitian dan pengembangan (R & D) di California.

Fasilitas penelitian yang berbasis di Silicon Valley akan mengembangkan model sepeda motor listrik dan teknologi baterai. Serta merancang desain sepeda motor yang sesuai dengan minat pasar di masa depan.

Presiden dan CEO Harley Davidson, Matt Levatich, mengatakan bahwa perusahaan mempercepat rencana untuk menghasilkan generasi mendatang Harley-Davidson secara global, versi yang digerakkan secara elektrik. "Fasilitas R & D baru di Silicon Valley akan membantu kami mewujudkan rencana dan menunjukkan komitmen untuk memimpin elektrifikasi," kata Matt Levatich kepada Economic Times, Rabu.

Fasilitas, yang direncanakan beroperasi pada akhir 2018 atau awal 2019, bertujuan untuk memperluas portofolio produk kendaraan listrik melalui produk yang lebih ringan dan lebih kecil, kemudian masuk ke pasar pada tahun 2022. Perusahaan juga mencari insinyur listrik, mekanik dan ahli perangkat lunak untuk bekerja di pusat penelitian.

Sebelumnya, Harley Davidson mengumumkan strategi ekspansi global yang termasuk peluncuran sepeda motor menengah di pasar negara berkembang, ekspansi ritel dan perluasan model sepeda motor listrik melalui model Livewire pada 2019. Livewire akan diikuti oleh model listrik tambahan hingga 2022 untuk merespon permintaan pasar untuk kendaraan listrik. Selama masa pengembangan, perusahaan juga memamerkan beberapa konsep sepeda motor listrik secara teratur.