Jakarta – Banyak yang mengatakan bahwa memanaskan mobil beberapa menit sebelum digunakan adalah suatu keharusan. Ini dilakukan dengan sengaja agar mesin lebih panas, sehingga saat mengendarai semua komponen bisa bekerja dengan baik.

Anggapan ini mungkin benar. Tetapi sebenarnya tidak memanaskan mobil untuk waktu yang lama sebelum menggunakannya tidak masalah.

"Tidak, itu bukan kewajiban untuk memanaskan kendaraan dan tetap diam selama beberapa menit sebelum membawanya pergi. Bahkan dalam cuaca dingin, itu tidak perlu dilakukan," kata Manajer Layanan Lincoln Lincoln Bountiful Gwen untuk Kinerja yang dikutip oleh ABC4 pada Jumat (4/1/2019)

"Setidaknya satu atau dua menit biarkan oli mengalir ke mesin, segera masuk gigi dan berjalan," lanjutnya.

Teknologi baru yang tertanam pada mobil-mobil pada era sekarang lebih modern dan canggih. Semua komponen dapat bekerja bahkan jika mesinnya masih dingin. Mobil yang harus dipanaskan sebelum digunakan adalah mobil yang masih menggunakan karburator.

Gwen menyebut mobil dengan karburator hari ini langka. Sebagian besar mobil kurator dibuat sebelum 1981.

"Tapi cerita lain adalah bahwa mobil itu masih memiliki karburator. Banyak komponen baru dapat bekerja ketika mesinnya panas. Itu membuat Anda harus memanaskan mesin terlebih dahulu, membiarkannya pada suhu hangat dan mobil dapat berjalan dengan baik," kata Gwen.

Gwen juga menyarankan agar mobil rajin melakukan perawatan rutin sehingga kondisinya tetap baik dan panjang umur. (kering / ddn)