Jakarta –

Mengikuti negara-negara lain, Indonesia akan melarang sepeda motor berjalan di jalan-jalan nasional. Namun, hasil penelitian justru menunjukkan motor dapat mengurangi lalu lintas.

Dilaporkan sebelumnya, Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Nurhayati Monoarfa, mengungkapkan wacana untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dengan mengurangi akses jalan sepeda motor. Dia mengatakan bahwa beberapa jalan nasional di negara lain telah mengadopsi aturan yang sama.

Namun hasil riset oleh asosiasi industri sepeda motor di Belgia, FEBIAC, sebenarnya mengatakan motor bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan. Studi ini menemukan bahwa jika seperempat pengguna mobil diganti dengan sepeda motor, kemacetan dapat dikurangi.

Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa kemacetan dapat dikurangi setengahnya jika 10 persen pengguna mobil berubah menjadi pengguna sepeda motor. Data ini juga menghasilkan ruang parkir 20 persen lebih banyak jika mobil diganti dengan sepeda motor. Sedangkan jika 40 persen pengguna mobil berubah menjadi pengguna sepeda motor, kemacetan akan hilang sama sekali.

Jika Anda memikirkannya dengan jelas, sangat jelas ukuran sepeda motor dan mobil sangat berbeda. Selain itu, ini akan efektif jika pengguna mobil benar-benar sendirian di dalamnya.

Belgia bahkan melakukan kampanye agar warganya menggunakan sepeda motor yang disebut Ride to Work Day. Saat ini di Belgia, tidak semua pemilik sepeda motor atau skuter menggunakan kendaraan bekas untuk kegiatan. Di sana, sepeda motor dianggap sebagai kendaraan untuk digunakan pada hari libur.

Hasil penelitian juga menemukan bahwa menggunakan sepeda motor akan mengurangi stres. Selain mengurangi stres karena kemacetan dan sulitnya parkir, mengendarai sepeda motor juga merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Disebutkan, dengan kendaraan roda dua, pengendara bisa terhindar dari stres akibat lalu lintas dengan menyalip di antara deretan mobil yang terjebak macet. Mengutip Brussels Express, di jalan Belgia yang macet, pengendara sepeda motor dan skuter dapat melaju lebih cepat dengan bermanuver di antara mobil.

Lihat video "Festival Sepeda Motor Gaya Bebas, Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)