Jakarta –

Toyota Yaris dengan tampilan baru resmi diluncurkan di Indonesia, Selasa (8/9). Peluncuran new Yaris berlangsung di tengah kondisi mobil hatchback tersebut kurang bergengsi dibandingkan dengan Sport Utility Vehicle (SUV).

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi mengakui penjualan model hatchback memang mengalami penurunan, namun angka penjualannya masih tinggi.

“Kita bandingkan misalnya tahun 2016 market hatchback dibanding total market kira-kira 19 persen. Saat itu bisa dikatakan di luar MPV, hatchback-lah yang paling dominan,” kata Anton saat di virtual. konferensi pers, Selasa (8/9). .

Anton melanjutkan, penurunan penjualan mobil hatchback mulai tergerus oleh genre SUV, sebagaimana diketahui SUV dikenal memiliki ground clearance yang tinggi dan kapasitas penumpang yang lebih banyak. Penjualan ritel (dari dealer ke konsumen) telah turun tiga persen dari 2016 hingga 2019.

"Lalu SUV baru mulai menggantinya, jadi SUV komposisinya bertambah. Hatchback tahun 2019 itu 16,1 persen. Jadi turun dari 19 persen jadi 16 persen,"

“Kalau dikatakan mengalami penurunan, memang benar komposisinya menurun,” kata Anton.

Meski demikian, Toyota tetap optimistis pasar hatchback masih akan memberikan kontribusi penjualan yang besar bagi industri otomotif. Untuk Yaris yang akan bertarung dengan Honda Jazz dan Baleno ditargetkan terjual 500 unit per bulan.

“Tapi angkanya masih signifikan, saya kira angkanya 15-16 persen. Kalau kita lihat pasar tahun lalu misalnya 1 juta 16 persen, 160 ribu kalau kita langsung, sebulan lebih. dari 10 ribu unit, ”lanjutnya.

"Yaris target kami bisa jual 500 unit perbulan, semoga bisa tambah lagi." kata anton.

Toyota hanya melakukan perubahan kecil pada Yaris. Selain penampilannya yang tidak lagi memiliki wajah Joker, Yaris juga mengalami radius putar yang lebih pendek. Selain itu, pada model terbaru Yaris ini, konsumen bisa memilih jumlah airbag yang disematkan di dalam mobil.

Harga Toyota Yaris terbaru saat ini dibanderol dengan harga termurah Rp 263,4 juta untuk varian G bertransmisi manual dengan 3 Air Bags. Sedangkan varian termahal Rp 301,4 juta yaitu Yaris TRD CVT – 7 Air Bag.

Tonton Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)