Jakarta –

Sebagai pelindung kepala saat mengemudi, helm adalah perangkat wajib yang tidak bisa dinegosiasikan. Harganya pun bervariasi tergantung kualitas dan daya tahannya.

Tapi tidak peduli seberapa mahal atau sebagus apa pun, helm memiliki usia yang terbatas. Pakar Keselamatan dan Mengemudi Defensif, Andry Berlianto mengatakan bahwa usia yang tepat untuk mengenakan helm yang aman adalah 5 tahun.

"Masa pakai helm maksimum adalah 5 tahun atau menyesuaikan kondisinya," kata Andry dalam diskusi virtual, Kamis (18/6/2020).

Andry menjelaskan bahwa helm terbuat dari bahan kimia yang lama kelamaan akan bereaksi terhadap lingkungan dan kondisi yang mereka alami. Reaksi terhadap perubahan ini tentu akan membuat helm tidak lagi memiliki kualitas yang sama seperti ketika mereka baru saja meninggalkan jalur produksi.

"Helm adalah struktur terluar dari banyak bahan kimia yang tercampur di sana, di dalamnya ada busa super padat. Lalu ada bahan pelapis bagian dalam dari helm yang juga mempengaruhi dari waktu ke waktu. Semua komponen juga mengalami penurunan kualitas terutama dari pelindungnya. yang terutama malas mengobati akan menjadi buram, "jelasnya.

Kehidupan yang tepat untuk mengenakan helm ini mengacu pada standar pabrikan. Namun, masa itu tidak bisa menjadi patokan lengkap, lagi-lagi bagaimana kondisi helmnya. Bisa jadi sebelum memasuki usia 5 tahun, helm telah mengalami berbagai kerusakan yang mengurangi kualitasnya.

"Itu adalah rekomendasi umum dari banyak produsen helm tetapi kembali lagi tergantung pada kondisinya, bisa jadi dalam 3 tahun sudah ada banyak goresan di bagian luar atau lalai penyimpanan yang bisa berkarat pada bagian penguncian juga berbahaya. 5 tahun dengan perawatan dan penyimpanan yang baik, "kata Andry.

Andry juga menyesalkan sejumlah produsen helm belum memasukkan tahun produksi helm. Bisa jadi ketika Anda membeli helm, usia disimpan karena belum dibeli.

"Untuk helm, kami sebenarnya belum memasukkan banyak kode produksi, kami khawatir bahwa kami akan membeli helm yang diproduksi 3 tahun lalu. Jadi ketika Anda membeli helm, Anda harus rajin melihat apa yang menjadi strukturnya seperti, "simpul Andry.

Lihat videonya "Luar Biasa! Polisi Riau Gunakan Deteksi Virus Robocop Helmet"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)