Jakarta – Touring jarak jauh selain membutuhkan sepeda motor utama, aksesori pendukung mengemudi juga wajib. Helm tidak terkecuali. Selama perjalanan KTM Road Warriors 2018 dari Jakarta ke Surabaya beberapa waktu lalu, kepala sepeda motor itu dilindungi oleh helm anak Indonesia, RSV Helmet.

Memiliki desain kontemporer dan sertifikasi ECE dan SNI, pelindung utama kepala pengendara sangat baik dikombinasikan dengan KTM 200, KTM 250 dan KTM 390.

Foto: Pradita Utama

Ada dua varian full face helmet yang digunakan oleh KTM Road Warriors 2018 yaitu gaya FF-Zero merah dan FF-500. Tidak banyak perbedaan antara dua varian, hanya FF-500 memiliki warna kuning yang lebih sporty.

Menariknya, meskipun seluruh kepala pengemudi ditutupi oleh helm dan cukup kedap air tetapi pengap tidak hadir. Meskipun rute yang ditempuh ke Semarang sangat panas. Ini berkat penempatan ruang ventilasi kanan yang terpasang.

Hampir setiap istirahat para pengendara membersihkan helm terutama di bagian kaca atau visor. Hanya menggunakan air dan jaringan halus, pembersihan cepat bisa dilakukan. Visor juga mudah dilepaskan dan dipasang kembali.

Terkait dengan warna helm ini yang sebenarnya banyak, Otolovers mulai dari glossy dan doff. Semuanya kaya akan fitur keamanan dan kaca Tahan UV.

Foto: Pradita Utama

RSV Helmet juga memiliki koleksi lain selain FF-Zero atau FF-500, seperti Gresini Moto2 yaitu helm balap. Ada juga helm khusus untuk pecinta jejak yang disebut Atomix. Sedangkan helm half-face disebut Super Color (helm ini memiliki 3 gaya yang bisa digunakan sekaligus yaitu tanpa visor, menggunakan topeng, atau normal).

(ruk / ddn)