Honda Africa Twin Adventure adalah referensi terbaru untuk pecinta petualangan motor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports, Selasa (4/1). Sepeda motor ini adalah model terbaru untuk pecinta petualangan motor di Indonesia.

Hadir dengan mesin baru, Africa Twin semakin kuat. Daya tahannya didukung oleh mesin baru berkapasitas 1.084 cc SOHC 4 tak. Honda juga menanamkan konfigurasi paralel twin-silinder liquid-cooled sehingga dapat menghasilkan daya maksimum 75 kW @ 7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm @ 6000 rpm.

Karakter Afrika Kembar memiliki kekuatan yang kuat di semua kecepatan mesin. Dengan bobot yang lebih ringan dari model sebelumnya, Africa Twin lebih gesit untuk mengajak pengemudi bertualang di medan on-road atau off-road.

Kehadiran sensor Inertial Measurement Unit (IMU) digunakan untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam enam sumbu. Sepeda motor wisata petualangan ini juga telah dilengkapi dengan mode naik 4 + 2.

"Ini berarti bahwa pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalan yang mereka hadapi, yaitu mode wisata, perkotaan, kerikil dan off-road," kata Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma dalam peluncuran sepeda motor.

Sementara itu, untuk dua mode berkendara tambahan adalah pilihan mode yang dapat diatur oleh pengendara dalam menyesuaikan kebutuhannya dalam berkendara.

AHM memasarkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe manual dengan harga Rp. 559.900.000 (on the road di DKI Jakarta) dan tipe DCT dengan harga Rp. 599.900.000. Sepeda motor ini tersedia dalam warna Tricolor, kombinasi merah, putih dan biru.