Jakarta –

Orang Indonesia sekarang mulai meninggalkan motor, tren beralih ke skuter otomatis (skuter). Nostalgia untuk masa lalu, Honda Astrea menjadi motor terlaris pada masanya. Di negara tetangga, Malaysia, kembaran Honda Astrea kembali menerima penyegaran di bagian eksterior.

Namanya Honda EX5, motor kapchay ini hanya dijual khusus di pasar Malaysia. Honda EX5 mendapatkan warna eksterior dan grafis yang menyegarkan, tetapi masih membawa cengkeraman lama, seperti model shell "T" dan sayap berwarna putih. Tak ketinggalan bentuk headlamp kotak dengan lampu sein yang terpisah. Jadi ingat Honda Astrea kan?

Di Indonesia, Honda Astrea memang telah menjadi salah satu generasi berikutnya dari Honda Super Cub untuk berubah menjadi Honda Supra Series.

Dikutip dari Paultan.org, Minggu (23/2/2020) Honda Boon Siew sebagai agen pemegang merek Honda di Malaysia meluncurkan refresh EX5 untuk model 2020. Di negara tetangga, sepeda motor ini telah dijual mulai dari tahun 1987 dengan total penjualan lebih dari 2 juta unit hingga saat ini.

Kembar Honda Astrea di Malaysia Foto: Boon Siew Honda

Meski menyegarkan, desain lama juga tetap dipertahankan di Honda EX5 ini, karena di dasbornya masih dibalut dengan kotak mika dengan penunjuk jarum analog. Shockbreaker dibiarkan terbuka agar tubuh terlihat berpisah, jangan lupakan gaya khasnya dengan penutup rantai, dan sistem pengeremannya masih drum.

Dasbor saudara kembar Honda Astrea di Malaysia Foto: Boon Siew Honda

Model lama masih dipertahankan, tetapi dari jantung mekanis, Honda EX5 telah disuntikkan dengan kubikasi 110 cc, di atas kertas yang mampu memuntahkan 8,54 hp / 7.500 rpm dan torsi 8,62 Nm / 5.500 rpm.

Honda Malaysia menawarkan dua varian, roda dan jari-jari yang berbicara lima jari. Harganya sendiri mulai dari MYR 4,783 atau sekitar Rp 15,7 juta. Tertarik bertanya apakah Anda memasuki Indonesia detikers?

Lihat video "Menguji transmisi Wuling Duck Motor Confero S ACT"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lua)