Jakarta –

PT Astra Honda Motor (AHM) telah secara resmi memperkenalkan varian baru CBR250RR. Model tertinggi Honda CBR250RR dilengkapi dengan teknologi Quick Shifter dan Assist / Slipper Clutch. Karenanya sepeda motor ini dinamakan Honda CBR250RR SP Quick Shifter. Jadi apa sebenarnya fungsi dari fitur Quick Shifter dan Assist / Slipper Clutch?

Seperti yang dijelaskan AHM dalam pernyataan resminya (24/7), pemasangan Quick Shifter bertujuan untuk mengoptimalkan perpindahan gigi, sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan daya saat berakselerasi. Selain itu, proses penggantian gir dapat dilakukan tanpa menarik tuas kopling, sehingga motor lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat menggeser persneling.

Foto Quick Shifter Honda CBR250RR SP: AHM

Ada 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan oleh pengemudi, mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk hanya menaikkan roda gigi, untuk hanya menurunkan roda gigi, dan mode mematikan Shifter Cepat.

Melengkapi fitur Quick Shifter, juga disematkan Assist / Slipper Clutch. Assist / Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah selip ban belakang yang disebabkan oleh rem engine selama perpindahan gigi ekstrem, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara. Melalui penerapan fitur ini, pengemudi dapat merasakan operasi kopling yang lebih ringan.

Fitur baru Honda CBR250RR SP Quick Shifter Photo: AHM

Honda CBR250RR SP Quick Shifter juga terus menyematkan Throttle By Wire yang diklaim mampu menghasilkan akselerasi lebih halus dan stabil. Throttle By Wire dilengkapi dengan selektor mode pengendaraan sehingga pengendara dapat menikmati berkendara dalam berbagai kondisi jalan, mulai mengemudi secara agresif di sirkuit hingga jalanan perkotaan yang padat.

Dalam hal kinerja, Honda CBR250RR SP Quick Shifter telah meningkatkan daya dari versi standar. Honda CBR250RR SP Quick Shifter dapat menghasilkan daya maksimum 30 kW (41 PS) pada 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2.5 kgf.m) pada 11.000 rpm. Sebagai perbandingan, versi standar Honda CBR250RR memiliki output daya maksimum 27,1 kW (36,8 PS) pada 12.500 rpm dan torsi maksimum 22,5 Nm (2,29 kgf.m) pada 10.500 rpm.

Varian Quick Shifter Honda CBR250RR SP hadir dengan warna Bravery Red Black, Honda Racing Red, dan Edisi Khusus Garuda x Samurai sebagai pilihan warna khusus untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter dapat dipesan di semua dealer Honda Wing yang tersebar di seluruh Indonesia dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta seharga Rp 76.700.000, – untuk Bravery Red Black dan Honda Racing Red. Sementara harga untuk opsi warna Edisi Khusus Garuda x Samurai akan segera diumumkan.

Tonton Video "Indonesia CBR Race Day Series 3: Acara Kecepatan untuk Pecinta Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)