Jakarta – Tipe SUV (Sport Utility Vehicle) semakin diminati di Indonesia. Mobil jenis ini diklaim lebih cocok di Indonesia. Beberapa faktor termasuk kenyamanan yang lebih baik dengan ground clearance yang tinggi, beban yang cukup lebar, dan juga tampilan yang cerah dan berbeda.

Permintaan untuk peningkatan SUV tentu direspon oleh pabrikan. Sehingga muncul beragam mobil gagah dan elegan. Salah satu keprihatinan warga negara Indonesia adalah Honda CR-V.

Nilai mulai dari Rp. 432 juta (hingga Rp. 506 juta untuk varian Prestige), Honda CR-V menawarkan kemewahan dan kenyamanan maksimum. Apalagi varian terbaru yang memiliki mesin Turbo 1.500 cc.

Honda CR-V Turbo telah memulai kepulauan ke berbagai kota di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua, tepatnya kota Jayapura. Tidak ada kesulitan yang dirasakan walaupun mobil harus membalap di jalan yang tidak rata. Lantas bagaimana jika digunakan di perkotaan? Berikut pembahasan tentang Honda Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige.

Desain

Foto: Honda Prospect Motor

Secara keseluruhan, Honda CR-V 1.5 Turbo hampir berbeda dari generasi sebelumnya. Mulai dari depan, interior, hingga mesin. Anda bisa melihat grill yang terasa lebih minimalis namun mewah yang menghubungkan sedikit ke head lamp.

Grille Honda CR-V Foto: Lamhot Aritonang

Semua pencahayaan dari lampu kabut, lampu depan dan lainnya adalah LED.

Lampu depan Honda CR-V Foto: Lamhot Aritonang

Seluruh bodi Honda CR-V baru juga tidak terlalu banyak embel-embel yang tidak perlu. Bagian krom juga hanya beberapa poin. Minimalis, tetapi aura kemewahan dan keanggunan meningkat.

Masuk ke dalam, rasakan saja suasana kombinasi sedan dan keluarga. Ya, sedikit sisi dari Honda Civic yang tertanam di mobil gagah ini. Otolovers dapat melihatnya di panel MID.

Setir Honda CR-V Foto: Lamhot Aritonang

Setir juga dibuat oleh Honda menjadi lebih minimalis, tidak lagi besar. Menunjukkan mobil dapat digunakan oleh wanita atau orang kecil. Sedangkan untuk kayu panel, yang diberi finishing doof pada dashboard dan doortrim, tidak mengecewakan. Rasanya sangat mewah.

Panel kayu di pintu Honda CR-V Foto: Lamhot Aritonang

Fitur

Fitur-fitur dari Honda CR-V 1.5 Turbo dilengkapi dengan Audio Steering Switch, unit head Touchscreen 9 inch, Sistem A / V yang kompatibel dengan USB, Audio Bluetooth, Radio, Port HDMI, MP3 / WMA, dan teknologi Nanoe.

Foto Audio Honda CR-V: Lamhot Aritonang

Fitur Nanoe ini dapat diaktifkan melalui tombol kepala unit ini berfungsi untuk menjaga udara di kabin bebas dari virus. Ini adalah fitur eksklusif yang dinikmati oleh pemilik Honda CR-V tingkat atas.

Oh ya, Cluster Meter Modern dengan Multi Informasi Layar LCD di mobil cukup informatif dalam memberikan informasi saat mengemudi. Seperti soal konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh dan sisa bahan bakar.

Menampilkan sunroof panoramik pada Honda CR-V Foto: Lamhot Aritonang

Kursi baris ke-2 dan ke-3 di mobil dapat diletakkan dengan rata. Ini memudahkan pemiliknya untuk membawa banyak barang bawaan seperti saat berbelanja bulanan. Namun untuk membuka bagasi masih belum otomatis menggunakan sensor di kaki.

Hanya memijat tombol remote untuk membuka bagasi Foto: Lamhot Aritonang

Satu hal yang menjadi not kedua adalah penempatan head unit yang membuatnya kurang terlihat atau tidak terlalu terang di siang hari. Ini karena paparan sinar matahari. Akhirnya, salah satu yang menarik dari tipe Prestige CR-V adalah fitur power panoramic sunroof dan power tailgate.

Lampu belakang Honda CR-V Foto: Lamhot Aritonang

Performa

Tidak banyak yang melengkapi mobil SUV dengan mesin 1.500 cc. Karena dikhawatirkan mobil tidak memiliki tenaga yang cukup. Namun Honda menampik ini dengan membawa CR-V 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.500 cc Turbo.

Mesin Turbo Honda CR-V 1.5 L Foto: Lamhot Aritonang

Kombinasi mesin-mesin ini dengan bantuan transmisi otomatis CVT dapat membuat mobil ini memiliki tenaga hingga 190 hp dan torsi 240 Nm pada 2.000-5.000 RPM. Tandanya, mobil memiliki nafas panjang.

Ketika berbicara banyak, mobil ini memiliki berat total hingga 1,7 ton. Tetapi berkat injeksi langsung dan turbo, mobil tidak memiliki masalah meskipun bebannya berat. Dalam keadaan berhenti-dan-pergi, kekuatan mobil tidak merasa terkendali atau responsif.

Mesin Honda CR-V Foto: Lamhot Aritonang

Jangan sampai di sana. Bagi Otolovers yang suka mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang cukup tinggi, Honda CR-V dapat menanganinya. Diklaim, mobil dapat melaju dari 0-100 km / jam hanya dalam 7,6 detik. Yah, meskipun detikOto tidak dihitung ketika mengujinya di jalur perkotaan, tetapi mencapai kecepatan sekitar 100 km / jam tidak masalah.

Kenyamanan Berkendara

Ketika menabrak mobil besar cukup besar, detikOto tidak menemukan kesulitan. Bahkan setir dibuat sangat ringan dengan ukuran yang cukup kecil. Sehingga kontrol itu mudah.

Manajer kursi listrik Foto: Lamhot Aritonang

Juga tertanam dalam pengaturan kursi listrik di seluruh kursi depan. Membuat pengemudi dapat menemukan posisi mengemudi senyaman mungkin.

Di bagian pengemudi, jok kulit yang nyaman memiliki penyetelan kursi daya 8 arah dan penyangga lumbar. Kulit juga menutupi kenop dan kemudi. Tipe tertinggi ini juga menawarkan fitur tambahan seperti kursi penumpang depan dengan penyesuaian kursi listrik 4 arah, airbag samping dan airbag tirai samping.

Meski tiga jalur dan untuk 7 penumpang, kenyamanan optimal hanya bisa dirasakan terutama di dua lini depan. Baris belakang cukup untuk menampung dua orang dewasa, tetapi tidak senyaman barisan depan karena ruang terbatas.

Honda CR-V terbaru ini memiliki peredaman suara yang sangat optimal. Pada kecepatan 80 km / jam, suara kendaraan di luar tidak terlalu berisik. Bahkan suara mesin mobil terdengar sangat minim.

Kesimpulan

Mesin 1.500 cc dengan turbo, Honda CR-V memiliki tenaga lebih besar. Bahkan dalam radius 0-100 km / jam, mobil hanya membutuhkan waktu sekitar 7 detik. Akselerasinya masih menendang sehingga sangat cocok untuk digunakan di perkotaan, terutama Jakarta, yang sering berhenti dan pergi.

Tidak hanya itu, berbagai perubahan juga disematkan oleh Honda pada mobil ini. Ini bisa dilihat dari tampilannya yang lebih minimalis tapi elegan, interiornya lebih mewah, hingga beban yang lebih luas.

Honda sepertinya memahami karakteristik pengguna mobil di Indonesia. Bagaimana tidak, jok baris 3 hingga 2 bisa diletakkan sejajar. Sehingga ruang bagasi yang tersedia lebih luas.

Foto ban serep: Lamhot Aritonang

Tentu saja, ada beberapa kekurangan dalam Rp. 500 juta mobil. Misalnya, kursi baris ke-3 tidak cukup nyaman untuk ditempati oleh dua orang dewasa sekaligus.

Di sini kami menyerahkan poin plus dan minus dari Honda CR-V

Poin plus

Desain interior dimulai dari dashboard dan layar MID lebih elegan. Daya tarik semakin lama dan lebih kuat. Responsif. Ada fitur nanoe, di mana suhu udara di dalam mobil tetap sehat dan segar. Ruang kargo lebih besar dan lebih luas. Bahkan kursi baris ke-2 dan ke-3 dapat diletakkan secara merata. Bukti suara lebih optimal.
Poin minus baris ketiga kurang bersahabat dengan orang dewasa. Pintu bagasi mobil masih harus disentuh secara manual. Belum tendangan diaktifkan (buka secara otomatis dengan mengayunkan kaki ke sensor). Posisi tuas transmisi canggung. Kurangnya kecerahan pencahayaan unit kepala pada siang hari. Semua fitur hanya dapat dinikmati sampai kursi baris kedua, termasuk AC.

Lihat video Ulasan Honda CR-V di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]

(ruk / ddn)