Penjualan Honda Fit di AS terus turun.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Di pasar subkompak mobil, Honda mengandalkan penjualan melalui produk-produk Honda Fit, juga dikenal sebagai Honda Jazz. Setelah dipasarkan di Amerika Serikat (AS), Honda kini secara resmi memutuskan untuk tidak lagi memasarkan produk di negara itu.

Dilansir dari Car and Driver, Selasa (21/7), mobil ini diperkenalkan di AS pada 2007 dan telah menerima sejumlah penghargaan. Namun, secara bertahap, volume penjualan mobil subcompact ini terus menurun, memaksa pabrikan Jepang untuk tidak lagi memasarkan Honda Fit.

Tetapi, untuk menjembatani kebutuhan pasar akan mobil yang praktis dan fungsional, konsumen AS masih dapat menikmati produk Honda HR-V. Artinya, tampaknya saat ini konsumen global dan AS lebih tertarik pada produk sport utility vehicle (SUV) atau crossover karena mereka mampu melibas semua medan.

Di AS, HR-V terjual lebih dari Fit. Sepanjang 2019, Fit hanya menjual sekitar 35 ribu unit sementara HR-V mengantongi penjualan hingga 99 ribu unit.

Meskipun Fit tidak lagi dipasarkan di AS, Honda telah menyiapkan Fit generasi terbaru. Produk tersebut akan dipasarkan ke sejumlah negara di Eropa dan Asia.

Di satu sisi, selain menghentikan pemasaran Fit di AS, tahun ini tampaknya menjadi tahun terakhir bagi Honda untuk membawa Accord dalam format transmisi manual. Artinya, untuk saat ini, Honda memutuskan untuk hanya membawa Accord 2021 dan seterusnya dalam opsi transmisi otomatis.

Sebenarnya, keputusan ini telah dibuat sejak Desember 2019. Ini ditetapkan karena volume penjualan Accord dalam transmisi manual dianggap terlalu kecil.

Transmisi manual yang dihadirkan adalah transmisi enam percepatan pada varian sport Accord. Gear box dikawinkan dengan dua opsi powertrain yaitu mesin 1,5 liter 192 tenaga kuda dan mesin 2 liter 252 tenaga kuda.

Berdasarkan data Honda, varian dengan transmisi manual hanya menyumbang sekitar 1 hingga 2 persen dari total penjualan Accord. Angka penjualan kecil itu membuat Honda yakin akan menghentikan produksi pada varian ini.