Jakarta – Langkah produsen otomotif untuk mendorong arah perubahan ke mobil listrik terus didorong. Honda sendiri sedang mempersiapkan untuk menanamkan powertrain hybrid ke dalam hatchback berperforma tinggi, Civic Type R.

Langkah ini adalah bagian dari strategi elektrifikasi yang diumumkan di pameran mobil Geneva Motor Show di Jenewa, Swiss. Honda mengatakan ingin membuat penjualan Eropa sepenuhnya berlistrik pada tahun 2025.

Saat ini Civic Type R menggunakan mesin 2.0 liter turbocharger. Tetapi beberapa negara di dunia mulai menerapkan standar emisi yang ketat. Tidak heran beberapa produsen mobil sport telah mengembangkan teknologi ramah lingkungan, seperti hibrida.

"Sejak kami membuat janji pertama pada Maret 2017, pergeseran menuju elektrifikasi telah berkembang pesat. Tantangan lingkungan terus mendorong permintaan untuk mobilitas yang lebih bersih," kata Wakil Presiden Senior Honda Eropa Tom Gardner seperti dikutip Autocar.

"Teknologi terus bergerak tanpa henti dan orang-orang mulai mengubah pandangan mereka tentang mobil itu sendiri," tambahnya.
Lebih lanjut, Managing Director Honda UK Dave Hodgetts mengatakan bahwa keputusan itu kemungkinan dibantu oleh keberhasilan CR-V Hybrid yang baru diluncurkan.

Di Inggris, itu dapat mencapai 60% dari total penjualan SUV kompak. Sebelumnya, diesel, yang tidak lagi ditawarkan, menyumbang dua pertiga dari penjualan CR-V.

Pengumuman ini bertepatan dengan konsep Honda Urban EV, sambil menunjukkan visi Honda tentang kendaraan listrik masa depan, dengan komitmen bahwa dua pertiga dari penjualan Honda di Eropa akan terdiri dari mobil listrik pada 2025 di seluruh dunia. (riar / ruk)