Honda menggunakan program simulator balap Rfactor 2 untuk balap virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di Indonesia, Honda adalah salah satu merek yang cukup agresif dalam mendukung dunia balap mobil. PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menegaskan komitmennya untuk mempopulerkan olahraga balap di Indonesia bahkan dalam transisi ke normal baru.

Direktur Inovasi Bisnis dan Pemasaran & Penjualan HPM, Yusak Billy mengatakan, kali ini Honda berinovasi dengan mengadakan Honda Racing Simulator Championship (HRSC). "Ini adalah kejuaraan simulator balap online yang diadakan untuk pertama kalinya oleh produsen otomotif di Indonesia," kata Billy dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/6).

Untuk mengadakan kejuaraan ini, Honda berkolaborasi dengan HM Engineering sebagai penyelenggara dan menggunakan program simulator balap Rfactor 2. Program ini adalah salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara yang paling mendekati nyata.

Menurutnya, kejuaraan HRSC sejalan dengan semangat & # 39; Semua Orang Dapat Berlomba & # 39; sehingga lebih banyak orang dapat menikmati acara balap, tidak hanya di arena pacuan kuda tetapi juga dari rumah masing-masing.

"Kami percaya acara ini juga bisa menjadi tempat bagi pengemudi pemula untuk mengasah bakat mereka dan menunjukkan prestasi mereka. Acara ini lebih tepat untuk diadakan dalam kondisi menuju normalitas baru, di mana orang semakin terbiasa menggunakan platform digital dalam melakukan berbagai kegiatan , "dia berkata.

Kejuaraan HRSC mengusung konsep lomba One Make Race (OMR), di mana setiap peserta yang menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version akan berlomba untuk mengumpulkan poin di seluruh 6 seri yang diadakan di sirkuit virtual. Sirkuit yang digunakan dalam kompetisi ini adalah Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zaandvoort, dan Estoril.

Kejuaraan ini terbuka untuk umum dan pendaftaran telah dibuka dari 15 Juni hingga 4 Juli 2020 pukul 13.00 WIB. Kompetisi itu sendiri akan berlangsung dari 4 Juli hingga 29 Agustus 2020 dan setiap seri dapat disaksikan langsung melalui akun YouTube dan Facebook @hondaisme.

Manajer Strategi Komunikasi HPM, Adhi Parama Sugarda mengatakan, 60 peserta yang lulus tahap kualifikasi awal akan masuk ke dalam salah satu dari dua kategori yang tersedia, yaitu kelas Profesional dan Amatir, yang masing-masing terdiri dari 30 peserta. "Kompetisi ini dapat diikuti secara gratis dan total hadiah sebesar Rp. 65 juta akan diberikan kepada lima orang terbaik dari setiap kelas," kata Adhi.

Untuk kelas Profesional, pemenang pertama akan menerima hadiah sebesar Rp. 20 juta, diikuti oleh pemenang kedua sebesar Rp. 10 juta, pemenang ketiga 8 juta, pemenang keempat 6,5 juta, dan pemenang kelima Rp. 5,5 juta.

Sedangkan untuk kelas Amatir, pemenang pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5 juta, pemenang kedua sebanyak Rp. 4,5 juta, pemenang ketiga sebanyak Rp. 3 juta, pemenang keempat sebanyak 2 juta dan pemenang kelima sebanyak Rp. 1 juta.