Hewan saat ini fokus pada penelitian energi bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Kebutuhan akan kendaraan ramah lingkungan semakin tinggi. Tak heran, berbagai merek terus mengembangkan kendaraan listrik (EV) paling memadai. Hal tersebut juga dilakukan oleh Honda sebagai pabrikan yang peduli dengan green mobilitas.

Berdasarkan keterangan pers kepada Republika.co.id, Senin (5/10), pabrikan asal Jepang itu tengah memperkuat komitmennya untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Bahkan, agar bisa berkembang dengan fokus, Honda resmi mengumumkan mundur dari ajang Formula 1 (F1).

Dengan keputusan tersebut, Honda hanya akan melanjutkan kontribusinya di F1 hingga akhir musim balap 2021. Melalui keputusan ini diharapkan Honda dapat mengembangkan mobil ramah lingkungan dengan lebih fokus.

Representative Director dan CEO Honda Motor Co, Ltd, Takahiro Hachigo mengatakan, di ajang F1, Honda berhasil meraih cita-citanya untuk meraih kemenangan.

“Sekarang, kami akan menyalurkan kekuatan kami untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit energi dan tenaga bebas karbon serta mencapai karbon offset. Ini akan menjadi tantangan yang sekeras dan sesulit berkompetisi di F1, dan ini juga akan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi Honda. dengan komunitas, "kata Takahiro Hachigo.

Dengan komitmen tersebut, Honda telah memutuskan untuk bekerja menuju "realisasi penggantian kerugian karbon pada tahun 2050." Untuk mencapai tujuan ini, Honda akan memfokuskan sumber daya perusahaannya pada penelitian dan pengembangan unit tenaga dan teknologi energi untuk masa depan seperti teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV). ) dan kendaraan listrik baterai (BEV).

Guna menghadirkan EV dengan cepat, Honda juga menargetkan sekitar dua pertiga dari seluruh penjualan Honda pada 2030 merupakan penjualan dari EV. Sebagai bagian dari langkah ini, pada April 2020, Honda juga telah melakukan proyek penelitian baru bernama Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy.

Terkait kegiatan F1, langkah ini dimulai pada 2015 saat Honda kembali berlaga di F1 sebagai pemasok mesin ke beberapa tim. Di musim 2020, Honda menyuplai mesin untuk dua tim sekaligus, yakni Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Bersama kedua tim tersebut, Honda mampu meraih tiga kemenangan musim lalu dan dua kemenangan sejauh ini di musim 2020.