Jakarta –

Karena biaya yang sangat tinggi di Formula 1, Honda memutuskan untuk mundur sebagai pemasok mesin setelah musim 2021. Harga mesin jet darat sangat mahal.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikOto, Honda menyatakan mundur dari F1 agar bisa lebih fokus pada sumber dayanya untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan. Untuk diketahui, Honda saat ini menjadi pemasok mesin untuk Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri. Dimana performa mereka tidak bisa dibilang buruk, setelah meraih dua kemenangan sejauh ini.

"Di arena F1, Honda telah berhasil mencapai tujuan kami untuk meraih kemenangan. Dan sekarang, kami akan menyalurkan kekuatan kami untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon dan mencapai penyeimbangan karbon. Ini akan menjadi hal yang tangguh dan tantangan yang sulit. seperti berkompetisi di F1, dan itu juga akan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi Honda dan masyarakat, "kata Takahiro Hachigo selaku Representative Director dan CEO Honda Motor Co., Ltd.

Formula 1 dikenal sebagai olahraga termahal di dunia. Berdasarkan data tahun 2014, satu mesin Formula 1 berharga US $ 10,5 juta. Itu setara dengan Rp. 154,9 miliar. Angka yang luar biasa mengingat untuk satu musim balap F1 setiap penyedia mesin harus menyiapkan beberapa mesin sekaligus.

Kalau mau dirata-ratakan, setiap mobil F1 harganya sekitar US $ 15,5 juta (sekitar Rp228,7 miliar). Itu baru harga suku cadang mobilnya. Tidak termasuk untuk penelitian dan pengembangan.

Dikutip dari berbagai sumber, dalam lima tahun terakhir saja biaya yang harus dikeluarkan sebuah tim F1 mencapai triliunan. Untuk tim besar seperti Ferrari, McLaren, Mercedes, dan Red Bull bisa merogoh kocek hingga US $ 400 juta. Itu setara dengan Rp. 5,9 triliun.

Tonton Video "Tampilan dan Fitur Baru pada Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(din / lth)