Selain Honda EV, juri juga menganugerahi Honda CR-V untuk hybrid

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Mobil listrik terbaru dari Honda, yaitu Urban EV memenangkan gelar Car of the Year 2019 dalam kategori Reader Award di ajang What Car Awards yang diadakan di Inggris. Selain itu, Honda juga menerima dua penghargaan lain di ajang ini untuk Honda CR-V Hybrid dan Honda Civic Type R.

Dalam pernyataannya kepada Republika.co.id, berdasarkan pemungutan suara yang diadakan, Honda Urban EV menjadi mobil listrik yang paling ditunggu pada tahun 2019 dengan mendapatkan gelar Car of the Year 2019 dalam kategori Reader Award. Dalam acara tersebut, Honda Urban EV menerima delapan kali lebih banyak suara daripada model lain yang berada di urutan kedua dalam Poll Reader Award.

Dengan mengusung gaya retro dan mesin bertenaga listrik, Honda Urban EV dianggap mampu membuat banyak orang tertarik menunggu kehadirannya tahun ini. Selain Honda Urban EV, juri juga menganugerahi Honda CR-V Hybrid sebagai Car of the Year 2019 untuk kelas hybrid dengan harga di atas 30 ribu pound.

Hibrida Honda CR-V menggunakan mesin berbahan bakar dengan kapasitas 2.0L, serta sistem bermotor listrik yang dapat mengisi daya secara mandiri dengan menghasilkan listrik ketika mobil menggunakan mesin berbahan bakar. Kepraktisan ini memudahkan pengendara, karena mereka tidak perlu terlalu sering melakukan plug-in.

Sementara itu, Honda Civic Type R adalah Car of the Year untuk kategori Hot Hatch, setelah para juri melakukan test drive di trek balap dan mencetak efisiensi bahan bakar 35 mpg. Selain nyaman dikendarai, Civic Type R didukung dengan mesin 2.0L turbocharged yang ditenagai 316 bhp, suspensi dan rem terbaik serta desain bodi aerodinamis.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1978, What Car Awards telah menjadi salah satu penghargaan bergengsi di industri otomotif di Inggris.