Jakarta –

Wajib menunggu undang-undang untuk proyek yang satu ini. Bayangkan saja, Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki rukun dengan motor listrik. Seberapa baik?

Dikutip dari Visordown, empat produsen sepeda motor terbesar Jepang, Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki mengumumkan rencananya untuk mengembangkan sepeda motor listrik. Uniknya, mereka melakukannya bersama alias berkolaborasi.

Meski dikenal bersaing sengit memperebutkan pasar, mereka berempat sudah bisa bahu-membahu memproduksi motor listrik. Bahkan ada rencana uji coba yang akan dilakukan di Osaka.

Artinya, dalam waktu dekat keempat pabrikan sepeda motor asal Jepang tersebut akan memiliki teknologi bersama yang memudahkan mereka dalam melakukan penukaran baterai.

Saat ini pengetesan sudah dilakukan di e-Yan Osaka, dan diujicobakan langsung oleh pelajar di Osaka.

“Sebagai hasil studi kolaboratif empat perusahaan sepeda motor dalam negeri, kami juga bekerja sama dengan e-Yan OSAKA untuk memverifikasi spesifikasi umum aki yang bisa diganti,” jelas Noriaki Abe dari Honda.

“Kami menyadari bahwa masih ada masalah yang harus diselesaikan dalam penggelaran sepeda motor listrik. Dan kami akan terus berupaya meningkatkan cakupan penggunaannya kepada pelanggan kami, di wilayah di mana masing-masing perusahaan dapat bekerja sama,” tambah Abe.

Teknologi baterai yang dapat diganti kemungkinan akan tersedia untuk sepeda motor dan skuter berkapasitas rendah. Selain itu, kerja sama ini juga ditujukan untuk diterapkan pada layanan transportasi perkotaan.

Selain itu, kerjasama ini juga sangat berpeluang untuk mempercepat perkembangan teknologi kelistrikan dan menekan biaya produksi kendaraan. Bagaimana dengan detikers, tertarik memilikinya?

Tonton video "Duel Motor Dirty 150cc, Yamaha WR 155 vs Honda CRF 150"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)