Jakarta –

Wow, menyambut ulang tahun Bhayangkara Polri ke-74, beberapa jajaran Polres di seluruh Indonesia akan menyediakan layanan ekstensi dan SIM Gratis.

Dikutip oleh NTMCPolri, salah satunya adalah Unit Lalu Lintas (Satlantas) dari Kepolisian Resort Kepulauan Sangihe (Polres) yang akan memberikan layanan untuk memperluas dan membuat SIM gratis gratis yang diberikan langsung kepada masyarakat yang memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberikan.

Persyaratan bagi orang yang mendapatkan layanan gratis ini adalah ulang tahun atau tanggal lahir pada 1 Juli. Kepala Unit (Kasat) Kemudian Kantor Polisi Daerah Sangihe, IPTU Awaludin Puhi SIK. menyatakan akan membuka pendaftaran mulai 13-15 Juli dengan syarat cukup untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan layanan SIM gratis ini diperuntukkan bagi penduduk yang tanggal lahirnya adalah 1 Juli.

Di tengah pandemi COVID-19, tes praktik untuk membuat SIM di Satpas Daan Mogot, masih dilakukan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan. Foto: Rifkianto Nugroho

"Mereka akan mendapatkan layanan SIM secara gratis, dan tentu saja dengan syarat memiliki KTP, Passing Theory dan Practice Exams, serta sehat secara fisik dan mental dengan membawa sertifikat kesehatan yang baik, dan mereka yang lulus akan ditanggung oleh sponsor, "kata Puhi seperti dikutip situs web Kepolisian Lalu Lintas Nasional, Jumat 12 Juni 2020 kemarin.

Namun Puhi menambahkan, program ini masih akan merujuk pada protokol kesehatan dan pencegahan COVID-19. Seperti menjaga jarak, menggunakan topeng, dan mencuci tangan menggunakan sabun atau pembersih tangan.

"Kami telah menyiapkan semuanya sesuai dengan rekomendasi pemerintah tentang protokol kesehatan, sehingga implementasi program ini akan aman dan sesuai dengan prosedur," pungkasnya.

Lihat video "Menyenangkan! SIM Internasional Sekarang Dapat Dibuat Online"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)