Acara akhir pekan ini akan diikuti 60 peserta yang terbagi dalam dua kelas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Honda menggelar seri kelima Honda Racing Simulator Championship (HRSC) yang akan berlangsung di sirkuit virtual Zanvoort. Seri kelima akan digelar pada Sabtu (22/8) pukul 20.00 WIB dan 60 peserta akan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas Profesional dan kelas Amatir. Kompetisi ini juga bisa disaksikan di akun Youtube dan Facebook Resmi Hondaisme.

Di seri sebelumnya, Riyan Adisaputra yang berada di kelas Amatir kembali menang dengan catatan waktu 21 menit 18 detik. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Audie Devanugraha dengan catatan waktu 21 menit 26 detik yang melesat jauh setelah berada di posisi ke-21 pada seri sebelumnya. Sedangkan Raditya Hendarmo kembali menduduki posisi ketiga dengan catatan waktu 21 menit 34 detik.

Secara umum, klasemen HRSC kelas amatir dipuncaki oleh Riyan Adisaputra dengan 70 poin, disusul Alfan Dani dengan total 69 poin di peringkat kedua, dan Raditya Hendarmo di peringkat ketiga dengan total 56 poin.

Bersamaan dengan digelar balapan kelas profesional, Andika Rama Maulana kembali ke posisi pertama setelah menyelesaikan 25 lap dengan catatan waktu 41 menit dan mendapatkan 25 poin. Jaka Siswoyo berada di posisi kedua dengan catatan waktu 41 menit 1 detik dan meraih 20 poin, sedangkan di posisi ketiga ada Ferris Stanley dengan catatan waktu 41 menit 2 detik dan meraih 16 poin.

Di klasemen profesional, Andika Rama Maulana masih berada di puncak klasemen dengan total 91 poin, Jaka Siswoyo di urutan kedua dengan 85 poin, dan Ferris Stanley di urutan ketiga dengan 68 poin.

Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales and Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam keterangan tertulisnya Jumat (21/8) mengatakan, “Persaingan di seri keempat sangat ketat dan terlihat Simracers bersaing ketat dengan persaingan yang tinggi. antusiasme. Kami berharap di seri kelima ini, mereka akan terus memberikan performa terbaiknya hingga bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. "

Total hadiah Rp 65 juta akan diberikan kepada lima peserta dengan poin tertinggi dari tiap kelas di ajang ini. Untuk kelas Professional, juara I akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 20 juta disusul juara II Rp. 10 juta, juara ketiga 8 juta, juara keempat 6,5 juta, dan juara kelima Rp. 5,5 juta. Sedangkan untuk kelas Amatir, juara I akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5 juta, juara II Rp 4,5 juta, juara III Rp 3 juta, juara keempat Rp 2 juta, dan juara kelima Rp 1 juta.