Jakarta –

Pembatalan pameran mobil New York Auto Show 2020 menunda salah satu model yang telah ditunggu dunia otomotif. Model ini adalah hypercar XP-1 yang dibuat oleh startup yang disebut Hyperion.

Mobil super yang dikembangkan di California, Amerika Serikat ini adalah hypercar bertenaga hidrogen. Mobil ini juga tetap menggunakan teknologi canggih yang dikembangkan oleh NASA.

"Menyediakan standar baru teknologi otomotif. Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan Hyperion ke dunia sehingga kami dapat mensosialisasikan kepada orang-orang tentang manfaat sistem tenaga berbasis hidrogen," kata kepala eksekutif dan anggota pendiri Hyperion, Angelo Kafantaris.

Kafantaris melihat hidrogen sebagai sumber daya alam paling berlimpah di alam semesta. Selain itu, potensi energi ini juga belum sepenuhnya diproses oleh umat manusia.

"Sebagai elemen paling melimpah di alam semesta, potensi sebenarnya tidak terbatas. Tujuan kami adalah memberi tahu hidrogen dengan kendaraan yang menginspirasi. Dengan debut XP-1, kami bertujuan untuk mulai menuju hari esok yang lebih bersih untuk generasi mendatang," katanya. ditambahkan.

Detail teknis masih dirahasiakan saat ini, tetapi Hyperion dengan berani mengklaim XP-1 akan dapat melampaui supercar modern seperti Bugatti Chiron. Demikian juga dalam hal elektrifikasi, dengan tingkat kecemasan yang lebih rendah dan tidak lama mengisi ulang, Hyperion XP-1 bertenaga hidrogen akan berpotensi lebih dapat diandalkan dan nyaman untuk digunakan daripada hypercar listrik seperti Lotus Evija, Pininfarina Battista, dan Rimac C Two.

"Keuntungannya adalah jangkauan perjalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya, waktu pengisian bahan bakar, daya tahan, dan daur ulang, terutama bila dibandingkan dengan baterai kendaraan listrik saat ini," lanjutnya.

Foto-foto teaser menunjukkan siluet mencolok Hyperion XP-1 yang menampilkan lengkungan roda besar dan garis atap bergaya coupe. Bagian depan memiliki lampu LED tipis melengkung. Tanpa New York Auto Show, Hyperion masih akan menunjukkan kepada dunia kehebatan teknologi ini pada bulan Agustus.

Lihat video "Kawasaki Ninja ZX-25R diluncurkan ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / rgr)