Hyundai bekerja sama dengan SK Innovation, untuk mengembangkan baterai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hyundai Motor Group menjalin kerja sama dengan perusahaan energi lokal Korea Selatan, SK Innovation, untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik (EV). Kendaraan listrik adalah kunci industri mobilitas masa depan.

Kedua pihak berencana menjalin kerja sama di berbagai bidang bisnis terkait industri aki kendaraan listrik. Kerja sama tersebut mencakup solusi penjualan baterai, layanan pengelolaan baterai, serta penggunaan kembali dan daur ulang baterai.

“Kolaborasi ini bermula dari kebutuhan bersama kedua pihak untuk menciptakan rantai nilai baterai dan memperkuat keramahan lingkungan dalam operasi bisnis yang mencakup seluruh siklus hidup baterai kendaraan listrik,” kata Grup Hyundai dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu. 12/9).

Kolaborasi antara Hyundai dan SK Innovation tidak hanya dalam penyediaan baterai kendaraan listrik. Kerja sama tersebut juga mencakup siklus hidup baterai yang baik di mana “baterai sebagai layanan”, yang berkisar dari masalah penyewaan baterai hingga daur ulang.

Untuk memungkinkan kerja sama, kedua belah pihak fokus pada proses awal pengumpulan dan verifikasi paket baterai model Niro EV Kia Motors.

Secara khusus, kedua perusahaan akan mencari solusi yang dapat memaksimalkan nilai dan keramahan lingkungan dari baterai EV. Ini termasuk penggunaan kembali baterai yang tidak dapat lagi digunakan di kendaraan dalam aplikasi seperti Energy Storage Systems (ESS). Selain itu, perusahaan mencari solusi daur ulang baterai yang mengekstrak logam ekonomis seperti litium, nikel, dan kobalt.

Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan nilai dan daya saing industri daur ulang baterai, yang akan menopang era EV di masa depan.

Hyundai Motor Group dan SK Innovation juga berencana untuk mensinergikan infrastruktur dan kapabilitas afiliasi masing-masing di berbagai industri. Dengan begitu, mereka dapat memperkuat daya saing baterai mereka dan memperluas pertumbuhan sektor terkait.

"Kolaborasi antara Hyundai Motor Group dan SK Innovation, pemasok baterai lapis pertama kami untuk Electric Global Modular Platform (E-GMP) yang akan diperkenalkan pada 2021, menandai langkah pertama yang penting dalam memaksimalkan sinergi antara perusahaan mobilitas dan baterai," kata Youngcho Chi, Presiden dan Chief Innovation Officer dari Hyundai Motor Group.

sumber: antara