Jakarta –

Semakin banyak pabrikan yang serius mengembangkan mobil terbang. Yang terbaru adalah Toyota yang bahkan sudah melakukan uji coba terbuka pengoperasian mobil terbangnya.

Hyundai yang juga mengembangkan proyek ini tak mau kalah dengan raksasa Jepang itu. Hyundai juga memperkuat dan bekerjasama dengan International Airport Corp (IIAC), Hyundai Engineering & Construction Co dan KT Corp untuk memulai pengujian dan pengembangan Urban Air Mobility (UAM) secepatnya.

Keempat perusahaan yang bekerja sama tersebut menargetkan untuk mengkomersialkan proyek mobil terbang ini pada tahun 2028. Konsep mobil terbang ini sebelumnya pernah dipamerkan oleh Hyundai di Consumer Electronic Show awal tahun 2020 dalam bentuk t.

"Luas dan dalamnya kemitraan ini menunjukkan apa yang dibutuhkan untuk membangun ekosistem UAM yang komprehensif untuk melayani kota-kota besar seperti Seoul," kata bos divisi UAM Hyundai Motor, Jaiwon Shin.

Mereka memiliki peran masing-masing dalam kolaborasi ini. Hyundai akan mengembangkan UAM dari perspektif bisnis. IIAC akan membangun infrastruktur dan mempelajari kelayakan penggunaan kendaraan tersebut sebagai transportasi bandara. Hyundai Construction akan berupaya membangun vertiports serta hub transit yang nantinya akan terhubung dengan fasilitas transportasi umum lainnya. KT Corp akan menyiapkan infrastruktur komunikasi dan mengubah bisnis UAM menjadi layanan mobilitas.

“Membangun infrastruktur dan model bisnis yang kuat sama pentingnya dengan mengembangkan kendaraan UAM yang inovatif. Kemitraan ini menunjukkan komitmen Hyundai untuk memfasilitasi kemajuan manusia dengan mengantarkan era baru mobilitas udara perkotaan yang akan merevolusi transportasi,” tambah Jaiwon.

Sementara Hyundai masih bersiap untuk melakukan tes, Toyota telah melangkah lebih jauh. Mobil terbang Toyota telah diuji dan mendapatkan hasil yang positif. Perusahaan asal Jepang tersebut juga menargetkan pada 2023 untuk memasarkan mobil terbangnya.

Tonton Video "Detik-Detik & # 39; Terbang & # 39; Mobil Menghantam Pejalan Kaki di Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)