Nilai total transaksi penjualan IMOS selama lima hari adalah Rp51,9 miliar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang digelar selama lima hari mencatat total 95.293 pengunjung. Pameran yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berhasil mencatat total transaksi 1.332 unit sepeda motor senilai Rp. 51,9 miliar.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah untuk mendukung penerapan IMOS. Melalui pameran ini, kami juga berharap dapat menciptakan transfer pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru sehingga menciptakan proses pendidikan yang dinamis," kata Ketua AISI Johannes Loman, di keterangannya kepada Republika.co.id, Rabu (11/7).

Catatan membuktikan bahwa IMOS adalah pameran sepeda motor yang ditunggu oleh masyarakat. Masyarakat bisa mendapatkan pembaruan terkini mengenai produk sepeda motor terbaru, sepeda motor konsep dan teknologi terbaru yang disiapkan untuk masa depan. Karena itu, IMOS 2018 mengusung tema "Indonesia Future Technology".

AISI juga menargetkan IMOS untuk menjadi arena bagi para pemain industri sepeda motor Indonesia untuk bersama-sama menciptakan pasar otomotif yang sehat dan melibatkan industri pendukung kecil dan menengah di negara ini. Bergabungnya produsen, konsumen, dan masyarakat di pameran IMOS 2018 akan memperkuat bisnis industri sepeda motor nasional dan meningkatkan volume ekspor tanpa mengesampingkan pasar domestik yang terus tumbuh.

Keberhasilan pameran IMOS 2018 tidak hanya diukur dari jumlah transaksi yang terjadi. Tetapi juga seberapa luas pameran ini dapat memberikan informasi, dan edukasi tentang teknologi sepeda motor terbaru melalui produk-produk penuh inovasi yang disajikan oleh setiap peserta APM IMOS 2018, serta pendidikan yang diberikan kepada pengunjung tentang pentingnya Kelas Keselamatan Berkuda.

Meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke acara IMOS 2018 juga berdampak positif pada peserta pameran. Semua jajaran produk atau produk yang baru diluncurkan disambut antusias oleh para pengunjung, bahkan tidak sedikit pengunjung yang mencari informasi mengenai motor yang dihadirkan.

Pada hari terakhir implementasi IMOS 2018, Moto Meet-Up yang diadakan di area outdoor IMOS 2018 kembali digelar. Dimulai dengan kegiatan Dinamo Jamboride (Donasi Anak Motor) yang dihadiri oleh sekitar 68 komunitas sepeda motor dan 800 peserta.

Acara Moto Meet-Up dilanjutkan dengan mengendarai sepeda motor Skill Contest yang bersaing dalam keterampilan mengemudi sepeda motor. Para peserta dalam Kontes Keterampilan Motorik harus mampu melewati rintangan yang disiapkan tanpa menurunkan kaki mereka ke tanah.

Selain itu, pada hari terakhir implementasi IMOS 2018, peserta pameran juga mengumumkan pemenang dari permainan dan hadiah lotere bagi pengunjung yang sebelumnya telah terdaftar atau berpartisipasi. Grandprize empat sepeda motor masing-masing dari Honda CBR 250 RR dimenangkan oleh Rifandra Zumaryan, Kawasaki Ninja 250 dimenangkan oleh Dienatasya Laraswati, Suzuki Nex II dimenangkan oleh Sailasro Destiny Firdaus, dan Yamaha All New Vixion dimenangkan oleh Tb Muhamad Fakhruddin.

"Antusiasme yang ditunjukkan telah memotivasi kami untuk menghadirkan pameran sepeda motor yang lebih baik dan tentu saja diikuti oleh program, serta acara dan promo yang lebih menarik dengan bekerja sama dengan peserta pameran yang dapat berbagi inovasi teknologi terbaik dan mendukung keselamatan berkendara. Kami berharap industri sepeda akan di masa depan sepeda motor dan produk pendukungnya maju, "kata Andy Wismarsyah, Presiden Direktur API Events.